Sakit & Sulit Menelan

Sering sakit tenggorokan? Harus tahu penyebabnya agar bisa diobati. Salah satu penyebab sulit menelan adalah karena adanya rasa sakit atau tak nyaman saat menelan. Beberapa penyebab sulit menelan antara lain karena penyakit radang seperti radang tenggorokan (faringitis), radang amandel (tonsillitis) atau radang di sekitar amandel (abses peritonsil).

Ada cara mudah untuk membedakan ketiga penyakit ini. Pada radang tenggorokan (faringitis), sakit umumnya dirasakan ketika kita menelan ludah. Karena otot-otot tenggorokan berkontraksi pada saat menelan sehingga terasa sakit walaupun hanya menelan ludah. Pada radang amandel (tonsilitis), sakit dirasakan saat makan. Ini disebabkan karena sentuhan makanan pada amandel yang sedang mengalami peradangan. Kalau radang di sekitar amandel (abses), tidak menelan ludah ataupun makan pun terasa sakit, karena adanya peradangan hebat di sekitar amandel.

Selain itu, sering ada pertanyaan: mengapa kalau sakit amandel tidak boleh minum dingin? Sebenarnya bukan tidak boleh, tapi sebaiknya dihindari. Saat kita menelan air dingin, sel kekebalan tubuh yang berada di amandel mengalami penurunan aktifitas kerja (tidak “semangat” seperti sebelumnya). Penurunan kualitas kerja sel  ini menyebabkan radang pada amandel. Jadi jangan minum air dingin berlebihan, minum saja air hangat yang hangatnya sesuai dengan suhu tubuh agar sel kekebalan di leher “lebih giat” bekerja.

About these ads

162 thoughts on “Sakit & Sulit Menelan

  1. Qi. kalo sy kemarin kan lagi puasa, trus pas buka puasa sy langsung makan nasi, rasanya sakit waktu perjalanan makanannya dari tenggorokan ke lambung…. tapi pas minum air, alhamdulillah dah lancar kembali… kenapa ya… pa karna tenggorokan kering…

  2. Mba mau tanya saya susah menelan makanan tp g ada rasa skt lho saat menelan yg ada susah aja tu makanan msk ke kerongkongan.Knp y bu dokter?

    • Mungkin anda makan terlalu banyak atau terburu2, jadi sulit masuk ke kerongkongan? Kalau menelan ada kesulitan untuk menggerakkan mulut dan “sekitarnya”?
      Maaf, saya belum dokter :)

  3. Oh brarti g ada masalah toh di krongkongan saya yg ada kebiasaan buruk saya,emang saya makannya sk terburu2 gt maklum biasa di akademi.he..he..
    Trim’s y mba jd saya bs lega.Smoga cpt jd dokter!!

    • radang amandel (bahasa kerennya tonsilitis) disebabkan karena adanya infeksi kuman yang biasa “bermukim” di jaringan amandel. biar amandelnya tidak meradang, cukup dengan menjaga kesehatan saja biar imunitas tubuh bisa melawan bila ada kuman yang masuk ke tubuh.. amandel kita tempat bersarang kuman2, soalnya bentuk amandel ada kriptenya (saluran2). sebaiknya menghindari kuman biar tidak bersarang…tapi gimana caranya ya, mbak? hihi…
      Salam kenal balik…makasi kunjungannya Ummu Azmi (mbak yanthi) :D

  4. Selamat pagi,
    Obat Alami untuk Penyakit Tenggorokan bisa dengan PROPOLIS . Hanya ingin berbagi info, senang rasanya kalau orang lain juga memperoleh solusi yang efektif dan aman serta terbebas dari masalah kesehatan.
    Setelah membaca banyak artikel mengenai Manfaat Propolis saya semakin yakin bahwa Insya Allah PROPOLIS bisa membantu penyembuhan Penderita Penyakit Tengorokan & segala macam penyakit yang lain (luar dalam). PROPOLIS memiliki manfaat yang berfungsi sebagai:
    1. Antibiotika Alami (Anti infeksi, antimicrobial seperti virus, bakteri dan jamur)
    2. Anti Radang
    3. Anti Alergi
    4. Meningkatkan Imunitas / Kekebalan Tubuh
    5. Anti Oksidan (mencegah kanker dan membunuh sel kanker)
    6. Nutrisi (memperbaiki dan mempercepat regenerasi sel sel tubuh)
    7. Detoksifikasi (Pembuangan racun dari dalam tubuh)

    Telah disebutkan dalam Q.S. AN NAHL : Ayat. 68 & 69

    “……..Keluarlah dari perut lebah syaraabun (cairan) beraneka warna, dan padanya penyembuhan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu menjadi tanda bagi kaum yang memikirkan.”

    Informasi mengenai propolis kunjungi obatpropolis.com

    Semoga bermanfaat. InsyaAllah.
    Wslm.Wr.Wb.
    Rahmah

    • sudah pernah ke dokter? kalau belum saya sarankan periksa ke dokter biar tw sebab sulit menelannya… ada nyeri saat menelan? sulit nelannya setiap saat atau hanya terkadang?

  5. Mbak aku juga mau tanya nih , saat ini saya sedang merasakan seperti kesulitan bernafas karena sepertinya kerongkongan saya tertutup mohon bantuannya mbak sebenarnya saya sakit apa ?.

    Terus terang 7 bulan yl. saya pernah merasakan kalo menelan seperti ada sampahnya ( ada yang tersangkut) dan sangat mengganggu sekali, saya sdh ke dkt dan tidak menunjukkan hasil yang baik malah badan saya sampai drop ketika dktr memberikan obat pereda nyeri. Mohon sarannya mbak ?.

    Thanks – Rini

    • Mbak Rini sudah ke dokter spesialis THT?? Kalau ke Sp.THT mungkin akan dilakukan pemeriksaan yang lebih invasif.. Saya belum bisa memberi saran karena butuh pertanyaan yang lebih banyak untuk menggali sakit mbak dan pemeriksaan fisik.. Terima kasih :)

  6. blm pernah k dokter,,,g ad rasa nyeri or sakit…pa lg klo mkn yg b’kuah n pedas pst sulit bgt nelan’ny tenggorokan kyk ketutup jd makanan itu bhenti d tenggorokan g mau masuk k perut

    • Apa sulit menelan bila makan makanan berkuah panas? Kalau iya hal ini disebabkan karena proses menelan membutuhkan kontraksi otot-otot. Nah, saat panas, kontraksi otot terganggu hingga akhirnya tidak optimal meneruskan makanan ke dalam perut :D

  7. makan yg g panas kdang2 jg sulit nelannya…..nelan ludah pun jg sulit,,,selaput kerongkongan kyk ketutup gt…ap saya sakit radang tenggorokan y???

    • sulit menelan tapi tidak sakit ya? kalau radang biasa disertai sakit, (mungkin) juga disertai bengkak atau kemerahan daerah amandel (tonsil) atau sekitarnya..

  8. saya punya masalah yg mirip dengan hery, susah menelan seperti ada yg tertinggal di tenggorokan bahkan kadang seperti naik ke hidung, tapi bukan hanya pada saat makan pedas atau panas. gejalanya sudah sebulan dan saya belum ke dokter karena tidak ada rasa sakit. akhir2 ini rasanya tenggorokan saya menebal di sebelah kiri dan tengah. kira2 apa ya penyakit saya?
    terima kasih

    • sudah periksa ke dokter umum? mungkin perlu konsul ke dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan (THT). kalau dari gejala yg anda sebutkan (hanya sisi sebelah kiri yang terasa menebal) kemungkinan dari amandel.. kalau sebelah kiri dan tengah mungkin ada suatu “massa” pada tenggorok yg menghalangi jalan makanan sehingga terasa sulit menelan (tapi kemungkinan radang amandel juga belum bisa disingkirkan). kalau terasa naik ke hidung, mungkin “kelainan” ada pada hidung atau dari tenggorokan.. sebaiknya periksa ke dokter ya untuk pemeriksaan selanjutnya.. cepat sembuh yaa.. semoga info dari saya bermanfaat. makasi kunjungannya :)

  9. Saya jg sedang mengalami permasalahan dgn tenggorokan sy.Sy sulit sekali utk menelan 4tahun belakangan ini.Baik menelan makanan,buah maupun air liur.Sepertinya antara keinginan utk menelan dgn krj2 otot d tenggorokan tdk bs bkrj sama dgn baik.Kalau di paksakan menelan tenggorokan akn mengeluarkan suara dan tdk lama kemudian perut jg akn mengeluarkan suara.Tetapi tidak ada rasa sakit d tenggorokan saya.Smp sy mrs minder dgn org lain dgn permasalahan saya ini.Apakah penyebabny?M0h0n bantuan ny

    • saat anda menelan terdengar suara seperti apa dari perut dan tenggorokan? apa semakin lama semakin bertambah berat? jika iya saya sarankan periksa ke dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan, spertinya anda butuh pemeriksaan lebih lanjut untuk melihat gangguan perncernaan anda.. terima kasih kunjungannya :)

  10. mbak nanya yah…awalnya sy kena flu brat, tetapi tak digubris, seminggu berikut menjadi batuk keras berdahak terasa skt menelan ldh dan sedikit tersa hangat, dari dokter diberi obat. Skrg batuk sdh byk berkrg tetapi menelan masih terasa dan rasa2nya agak dingin. dari resep dktr tdk diberi parasetamol tetapi sanmol 400 mg. mhn sarannya, trims sebelumnya.

    • sanmol 500 mg? isinya parasetamol juga.. biasa diminum bila demam > 38,5 derajat celsius, minimal 8 jam/hari. kalau obat untuk batuk tergantung penyebab batuknya, bisa diberi ambroksol dan sejenisnya (silahkan konsul ke dokter anda). terima kasih kunjungannya :)

  11. saya sakitdi tenggorokan sebelah kanan pada sore hari sampai malam yang juga menjalar ke telinga kanan … kenapa ya ? apa obat sementara ini… sy menyimpan unagen atau amoksisilin… apalah aman untuk dikonsumsi agar sy bisa tidur…

    • infeksi pada tenggorokan yang menjalar ke telinga memang wajar, karena saluran tenggorokan kita bersambung dengan telinga… antibiotik macam amoksisilin bisa saja digunakan. akan tetapi lebih baik periksa ke rumah sakit, bila ada sekret (dahak) bisa dilakukan kultur kuman agar penggunaan antibiotik bisa lebih rasional.. terima kasih kunjungan ke blog ini :)

  12. suami saya waktu menelan makanan terasa susah masuk ke lambung/perut sampai waktu menelan berbunyi( seperti gelas dimasukkan ke dalam bak yang penuh air plupluk plupuk) kadang makananny baliklagi alias muntah,sakit apa ya & apa obatnya
    kmrn2 sdh pakai propolis kloropil serta alternatif lainnya ( hampir 5 Thn penyakit ini ) terima kasih banyak atas bantuannya

    • usia suami anda berapa tahun? seberapa sering terjadi susah menelan dan makan balik lagi? apa di dada terasa panas seperti terbakar? maaf dari data yang anda beri saya belum bisa membantu,, hanya bisa menyarankan untuk kontrol ke dokter penyakit dalam, mungkin bisa membantu.. terima kasih kunjungannya :)

  13. Mbak Kie, nanya ya…
    anak saya sering sekali sakit batuk pilek, paling tidak 2-3 bulan sekali pasti kena. Kadang ada panas kadang ga pake panas. kata dokter dia itu alergi asep rokok debu dll, intinya kata dokter anak saya ada riwayat alergi.
    biasanya kalo ada panas, dokternya kasi antibiotik. setelah saya googling, ternyata antibiotik itu tidak bisa membunuh virus, bahkan bisa2 malah membunuh bakteri baik yang ada ditubuhnya. mohon sarannya, gimana caranya supaya anak saya ga batuk pilek walopun dia ada riwayat alergi.

    Thanks b4

    • hi mbak putu eka. makasi kunjungannya ke blog ini.. benar sekali antibiotik tidak bisa membunuh virus, padahal pilek sebagian besar disebabkan karena infeksi virus. untuk infuenza biasa hanya diberi terapi roboransia (vitamin, dsb), karena obat untuk anti virus “pilek” sampai saat ini tidak pernah dipakai..penyakit karena virus bersifat self limiting disease, artinya bisa sembuh sendiri.. saran saya jaga imunitas tubuh anak anda dengan makanan yang bergizi dan jaga kesehatan dengan menghindari faktor pencetus alergi..

      • diabetes memang menurunkan sistem imun, jadi penderita diabetes mudah terkena infeksi, dimanapun lokasinya (tenggorok, saluran kemih, dsb).. makasi kunjungannya mas handy_burhan :)

  14. ini gimana, kok aku mau nelen ludah/makanan, tetep aja sakit, prnh ak liat di kaca, di sekitar amandel ada mbendol nya :( ini knp aku takut banget nih..

    • tapi amandel secara anatomi memang mbendol2.. di kedua amandel apa hanya salah satu? kalau nyeri mungkin lagi infeksi.. segera berobat ke dokter ya, istirahan yang cukup, jangan minum yang dingin dulu..

  15. Makasih mba ud berbagi ilmu di blog anda ini. Saya sama seperti kasus2 di atas yg saya baca tadi. Kalo nelan ludah dan makanan terasa sakit banget. Tapi badan saya tidak demam. Kalo amandel kambuh biasanya di sertai demam kan? Apa obat sementara untuk menghilangi rasa sakit sebelum saya ke dokter tht. Karna di tempat saya terpencil, belum ada dr tht. Saya takut kalo ke mantri nanti salah diagnosa. Makasih banyak mba… Semoga sukses selalu. Amiin.

    • Bismillah.mba Qi’ alhamdulillah sekarang saya lagi hamil 2 bln tapi dah 3 hari belakangan telinga dalam sebelah kiri terasa sakit saat menelan,selain radang amandel apa juga posisi tidur yg selalu menghadap ke kiri juga berpengaruh pada fungsi telinga?.jazakumullah khoir atas infox mba..

      • ummu umar, setahu saya posisi tidur selalu menghadap ke satu sisi tidak mengganggu “fungsi” telinga. tapi kalau tidur ke satu sisi saja bisa saja membuat telinga “sisi tidur” tidak nyaman. sebaiknya ganti posisi saat tidur, jangan miring kiri atau kanan saja. semoga membantu dan insya Allah dedek di perut sehat selalu bersama umminya…amiiinn :)

  16. mbak mau nanya,mulai tadi malem kok tenggorokan saya yg sebelah kanan sakit? Di pake ngomong aja sakitnya minta ampun,apalagi buat nelen
    Kira2 knapa ya?

    • cuma yang sebelah kanan? habis makan apa sebelumnya? ada gejala lain seperti demam, tenggorokan berlendir, gatal, dll? kalau sakit saat menelan, salah satu kemungkinan adalah peradangan karena infeksi. kemungkinan lain bisa kerena riwayat “trauma” makan sebelumnya (misal tulang ikan yang nyangkut, dsb). coba periksakan lebih lanjut ke dokter yaa biar bisa diobati lebih lanjut..

      • Mbak,,
        Aku se σяαηƍ perokok,,
        Udh 3 hri ini,,
        Aku sakit nela,,
        Rasa Ɲyɑ̤̥̈̊.. Di tenggorok’an pedih gituch,,
        Mohon bantu’an tentang obat Ɲyɑ̤̥̈̊.. ,,
        Dan saran Ɲyɑ̤̥̈̊..

      • Rokoknya kalau bisa distop dulu ya Mas Ahmad. Atau paling tidak dikurangi. Kalau sakit bisa karena berbagai sebab, salah satu yang paling sering adalah peradangan. Obatnya konsul ke dokter ya..biasanya dikasi obat anti radang kalau memang ada tanda-tanda peradangan. Tapi masih mungkin sakit yang lain, periksa lebih lanjut kalau pedihnya makin lama atau makin memburuk..get well soon :D

    • usia faris berapa? sudah berapa lama sakitnya? sakit tidak saat menelan? coba periksakan ke tenaga kesehatan terdekat ya, biar diperiksa lebih lanjut.. karena kalau dari gejala yang anda sebutkan saat ini saya belum bisa memberi jawaban yang pasti. semoga lekas sembuh :D

    • pakai madu dan jeruk nipis insyaAllah manjur.. jangan lupa minum air hangat, jangan minum minuman dingin. selamat mencoba.. cepat sembuh yaa, jangan dibiarkan kalau sakit menetap, konsul ke puskesmas, klinik atau rumah sakit yaa..

  17. mbak suami saya sering banget disfagia, tpi smape sekarang blum ada obat yang cocok, baik deri dokter, puskesmas, rumah sakit, ataupun beli sendiri di apotik, tp kalu di perhatikan penyebebnya itu karena makan sesuatu yg ada coklatnya.. tlg solusi atau saran gt,, atau resep obat juga boleh..? makasih

    • sudah pemeriksaan apa saja mbak? sudah dapat obat apa dan membaik atau tidak dengan pengobatan? disfagianya hilang timbul apa terus-terusan? makin lama makin berat? sebaiknya minta saran ke dokter spesialis THT (telinga hidung tenggorokan), agar bisa ditangani lebih lanjut..

  18. mb kiki mau tanya klu anak usia 12th sakit tenggorokan susah nelan obat yg paten apa yah? ini sdh ke dokter masih blom sembuh juga

    • wah maaf ya tidak bisa saya sebutkan di sini obatnya.. saya tidak berhak memberikan saran obat soalnya tidak memeriksa secara langsung kondisi adek :).. perlu adek tahu kalau sembuh butuh proses, jadi obat dari dokter tetap diminum sesuai saran dokter yaa..saya yakin obat yang diberikan sudah benar, cuma mungkin butuh proses dalam penyembuhan. semoga lekas sembuh :)

    • sakit saat menelan air, makanan dan ludah penyebabnya bisa karena macam2..kalau dari keluhan adek, sepertinya infeksi ya..tapi saya belum bisa menyimpulkan karena tidak periksa adek secara langsung.

      sudah sembuh belum nih, kakak baru sempat balas commentnya.. semoga lekas sembuh :D

      fast respon twit @drkink2 yaaa :)

  19. mbak,asslmu’alaikum
    gni. .
    sy lg skit ccar, udh skitar 4hari,
    skrng jd skit nelen
    nelen ludah aja susah, apa ini pngaruh dr skit ccar,,? atw dri amandel sy,,?
    sbaiknya gmana,,?

    • wa’alaykumsalam.. hi gita, maaf sekali baru sempat mengunjungi blog ini karena masalah jaringan di pedalaman, hiks.. harusnya sakit gita sudah sembuh yaa.. *telat.com.. mungkin saja sakit nelan yang dirasakan gita karena rangkaian dari sakit cacar..soalnya tempat masuk kuman cacar melalui saluran nafas.. untuk mengurangi gejala biasa diberi obat anti nyeri/radang.. jangan lupa konsul ke dokter yaa.. saran saya kalau sakit cacar, banyak makan makanan bergizi seperti buah2an dan sayur biar stamina bisa pulih kembali. cepat sembuh gita :D

  20. artikel mei 2009, bisa bertahan hingga kini,.. Mantap
    sekarng sudah boleh dipanggil bu dokter kan? :)
    nelen ludah sakit tapi makan ngk sakit, obatnya apa bu dokter?
    thank before

    • hehehe.. panggil kink saja sudah cukup :D obatnya anti nyeri, anti radang, vitamin, dll tergantung hasil pemeriksaan pasien. waduh kalau resep gak berani saya tulis di sini.. maaf ya.. makasi kunjungannya :D

  21. kalo kita lagi sakit menelan makanan / minuman,..
    tapi saya tetap saja dipaksain maka/ minum
    apakah ada efek sampingnya,..

    • hi rifaen.. kalau bisa makan makanan lunak/cair dulu ya biar tidak “menderita”.. memang tetap harus makan dan minum biar cepat pulih staminanya.. kalau dipaksa saya rasa lebih banyak efek bagusnya daripada efek samping :) semoga cepat sembuh :D

  22. baru tadi sahur saya merasa kurang nyaman menelan, ada yg ntidak nyaman saat menelan dari daerah leher (seperti mengecek nadi) kiri. tp dr luar tidak ada benjolan dok. hanya merasa tidak nyaman, seperti ada yang ganjal. menurt dokter itu kenapa ya dok? trims

    • nah, tenggorokan sebelah kiri saya jika untuk menelan rasanya ad yg mengganjal.
      Sy baru tadi makan sate, nah kn kdg2 ada tusuknya yg kcil nyangkut di sateayam nya. Nah, masa sakit gara2 itu tusuk kcil2 masuk ke tenggorokan? Kmgkinan sakit gr2 it Bs jd gak sih, bu dokter?
      Taadi juga, wkt sy nyanyi2. Eh, ada nyamuk masuk. Apa sakit jg gr2 it?
      Sblm2nya sih, aku minum nya air dngin melulu. Trz makan tini wini biti melulu yg rasanya piza danlaensbgainya. Apa gr2 kbykan mkn gt, trz amandel jd radang?
      Udah tak glondorin pakai nasi putih, kok tetep msh kyk ada yg ganjel ya, dtnggorokan sblh kiri sy? Knp tu bu? :( tolong d bls buk dokter.

      • hellooooww maaf baru balas yaa..telat banget deh saya.. hehe.. kalau setelah makan sate dan “tusukan” satenya nyangkut pasti kejadiannya mendadak, tidak disertai gatal di tenggorokan, tidak demam, dll.. bagusnya sih di periksa langsung oleh dokter, kalau hanya konsul lewat sini, saya cuma bisa kasi pencerahan, hihi.. kalau nyamuk kayaknya ga sampe bikin sakit kalai menelan, hihihihi..

        nah sebaiknya jangan banyak makan yang gurih2 dan air dingin yaa kalau memang amandelnya sedang radang, gejala amandel radang udah tahu kan.. cepet sembuh yaa :)..

  23. Pingback: Sakit Tenggorokan Waktu Menelan Ludah | Iqbal Nurhadi

  24. Sudah seminggu saya sulit menelan makanan padat,rasany selalu tersangkut dtenggorokan dan lama2 terasa nyeri pada dada dan setiap bangun tidur dada terasa sangat sakit trutama dari tengah ke kanan..apakah ini tanda adany infeksi pada saluran tenggorokan saya shingga saluranny mnyempit?atau ad tanda lain?mohon pencerahanny..trmaksh..

    • apa ada gejala lain selain sulit menelan dan sakit di dada; seperti demam, sesak, dll? riwayat makan makanan apa sebelumnya? tersedak? umur mbak berapa? selama seminggu ini hilang timbul, terus menerus, semakin lama semakin berat?

      saya perlu identitas dan pemeriksaan fisik lengkap untuk menentukan diagnosis.. biasanya kalau saluran tenggorokan terkena infeksi dan menyebar ke saluran nafas yang lebih dalam bronkus, bronkiolus, dll), gejalanya bisa ada sesak, demam, dan sebagainya..

      get well soon ya mbak, maaf telat banget balasnya, semoga udah sembuh yaa…

  25. assalamulaikum ..
    Malaaam dokter kink, maaf meganggu
    saya ingin bertanya penyakit yg anda terangkan apakah ada makanan / minuman yg membantu mengurangi penyakitnya..
    Dan kira2 obat apa yang cocok untuk sakit saat menelan.?
    apakah penyakit sakit kepala belakang lebih dari 5 hari itu berbahaya?
    mohon pencerahnya,
    makasih

    wassallam

    • wa’alaykumsalam, maaf baru balas.. baru keluar dari “pedalaman” nih..
      makanan yang membantu mengurangi penyakit spertinya ga ada, kalau ngurangi gejala sih biasa cukup minum air hangat aja (khususnya buat amandel) :) obatnya macam2..saya ga berani sebut merk di sini, hihi..yang jelas obat tergantung dari penyebabnya :)

      sakit kepala belakang, disertai gejala apa? mual, muntah, demam, pandangan kabur, dll? saya belum berani bilang tidak berbahaya karena tidak tahu penyebab sakit kepalanya dari mana..

      mahon maaf kalau penjelasannya kurang mencerahkan dan terlambat, makasi dah mampir di blog ini :)

  26. assalamualaikum mbak, dulu kalau saya sakit pasti sakit radang tenggorokan mbak, sekarang yang saya tanyakan, saat menelan ludah itu suakiiiiit sekali mbak tenggorokan trus buat ngomong aja susah mbak nyampe ke telinga juga sakit nya, saat minum air juga gitu mbak, saat makan juga gitu…..yang paling sakit itu buat nelan ludah mbak, itu gimana ya mbak trus obat nya apa?

    • wa’alaykumsalam…waduh sepertinya menderita sekali ya kalau sudah terkena penyakit ini.. yang paling sering radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus, jadi insyaAllah kalau kekebalan tubuh bagus akan sembuh sendiri.. jadi perbanyak makan makanan sehat (buah, sayur) dan sementara kurangi goreng2an dsb yaa.. kalau beberapa hari belum ada perbaikan (makin parah, tak sembuh2) sebaiknya konsultasikan ke dokter terdekat. semoga membantu dan cepat sembuh..ga kambuh lagi, aamiin :)

  27. mbak kiki,sy mau tnya kerongkongan saya sakit saat menelan ludah dan buat ngomong aja jg skt. sakitnya udah 2 hri kenapa y ?brapa hr biasanya pnyakit ini?

    • kalau lama sakit tidak bisa diprediksikan. tergantung penyebab penyakit (infeksi bakteri, virus?, trauma?) dan kondisi kekebalan tubuh zaskia. bila infeksi dan “pengobatan” benar, umumnya 2-7 hari sudah sembuh.. makan buah2an dan sayur yang cukup yaa.. :D

  28. Setelah brobat kedokter trnyta sulit menelan saya waktu it dsebabkan oleh cairan asam lambung saya yg naik hingga mengiritasi esofagus..istilahny GERD kl tidak salah..alhmdllh skrng sudah sembuh.. :)

    • pucat? coba liat di kelopak mata bawah dan lidah, apa memang terlihat lebih “putih” dari biasanya? ataukah pucat yang anda maksud karena “ekspresi” nyeri? karena ekspresi rasa sakit tiap orang memang berbeda.
      pucat bisa terjadi karena kurang asupan gizi, dalam kasus anda mungkin karena sakit menelan hingga makanan yang masuk berkurang–>lesu–>pucat. atau ada penyebab lain?
      kalau masalah obat silahkan konsultasi ke dokter yaa..karena dengan pemeriksaan langsung saya rasa akan lebih tepat obatnya. semoga cepat sembuh dan makasi kunjungannya :)

  29. Salam kenal mba..
    Mba dlm 1 bln ini knp y setiap makan pasti terasa ada yg menyangkut di kerongkongan sebelah kiri,tapi untuk di sebelah kanan biasa dan lancar aj..
    Tapi gak ad rasa sakit mba hanya sj sy merasa seperti ad sesuatu mba,jd qlo sy nelan obat berbentuk pil dan lwtnya dr kerongkongan kiri maka pilnya nyangkut mba jd sy bs merasa pilnya mencair d dlm kerongkongan.
    mksi y mba sebelumnya

    • halo, boleh tahu umur “mbak” dwi berapa? selama 1 bulan keluhan anda semakin berat atau hilang timbul? sebelumnya pernah seperti ini, kejadiannya mendadak? ada riwayat tersedak tulang ikan, dsb? rasa mengganjal pada satu sisi dan tidak sakit bisa karena adanya benda asing, atau penyakit non infeksi, infeksi, dll..saya butuh info lebih banyak dan tentunya periksa langsung.. konsultasi ke dokter umum atau spesialis THT ya mbak dwi :)..maaf kalau jawabannya kurang memuaskan yaa…

  30. maaf mba dokter, sy mau tanya kalo pas ketika minum obat yg berbentuk tablet kok ngerasa ngeganjel diantara kerongkongan dan dada ? kenapa ya mba, tolong solusinya ya mba. thx

    • obatnya sebesar apa? kalau habis minum obat terus minum air banyak, apa masih mengganjal?

      kemungkinan karena bentuk obat tablet tsb. obat tablet biasanya memang terasa “seret” di lidah (dan sepanjang saluran pencernaan), makanya dibuatlah obat dengan bentuk kapsul, salah satunya agar lebih mudah ditelan. solusinya, tanya dokter apa obat tablet yang anda minum bisa digerus (dihancurkan lalu campur air, karena ada beberapa tablet yang tidak boleh digerus), atau kalau terasa pahit, obat bisa dimakan bersamaan dengan makanan (contoh ditelan bersama potongan pisang, dll). semoga membantu yaa :D

  31. assalamu’alaikum bu dokter, saya sudah 2 hari ini mengalami sakit pada leher sebelah kanan. awalnya tidak mengganggu tenggorokan, hanya sakit kalau disentuh dan untuk sujud nyeri sampe kepala belakang sebelah kanan bawah, saya juga mengalami demam sampe bibir dan kelopak bawah menghitam. esok harinya saat buat menelan ludah sakiit sekali dan seperti ada sesuatu yang mengganjal. menelan ludah saja sudah pait, air putih juga. kira2 saya knp ya mb? penyebab dan apa yg harus saya makan?

    • wa’alaykumsalam.. wah dari cara mendeskripsikan rasanya sakit banget yaa.. sakit pada leher sebelah kanan kemungkinan terjadi akibat pembesaran kelenjar limfe daerah leher, sebagai mekanisme pertahanan tubuh terhadap radang di tenggorokan yang dirasakan shabrina saat ini. penyebabnya sering akibat infeksi, apalagi saat ini shabrina demam (menunjukkan adanya infeksi). sebaiknya periksa ke doker ya agar pengobatannya sesuai.. coba kurangi makanan berminyak, minum banyak air putih dan hangat.. lekas sembuh yaa :D

  32. ki saya tenggorokanya sakit kalo makan nelen ludah atau minum, sakitnya sampe ke tengah dada kenapa ya ? dan apa obatnya ?

    • hmm… kalau melihat gejala yang anda tulis, sakit di tengah dada kemungkinan akibat reflux asam lambung (asam lambung naik ke atas dada (esofagus)). di dunia medis dikenal dengan istilah GERD. GERD sendiri bisa menimbulkan beragam gejala pada masing-masing individu, antara lain sulit menelan, panas di dada (heartburn), nyeri dada, rasa ada “sesuatu” di tenggorokan dsb. GERD bisa menimbulkan batuk kronik (lama), suara serak dan sakit tenggorokan seperti yang anda rasa.
      semoga infonya membantu..untuk pengobatan silahkan periksa ke dokter ya..karena belum tahu penyebab pasti sakit anda apa :)

      • Aslmlkm mbk.. Aku mau tny ya mbk.. Udah 2 hÅÅŗĪĪ ini,, leherku sakit kl menengok kesblh knn atau kiri, aku kira slh bantal.. Tapi tenggorokn skt ktka menelan ludah,, udah diurut, mnum pereda pns dalam dan prksa kdokter tp blm ada prbhn,, bgmn ya mbk?? Mkshh..

      • wa’alaykumsalam. leher sakit saat menelan paling sering karena radang. saat menengok ke kanan dan kiri sakit? bisa jadi karena pengaruh radang tsb. jika lebih dari 3 hari tidak ada perubahan setelah mengkonsumsi obat, coba konsul ke dokter lagi yaa..kemungkinan besar butuh obat tambahan. lekas sembuh sari :)

  33. aslkm mbak…mau nanya nih,
    2 minggu lalu saya baru operasi gigi bungsu bagian kiri bawah, dan sekarang bekas giginya masih ada lubang. dan disitu biasanya suka ada nasi yang nyangkut. kata dokter itu sih wajar, tinggal dikumur kumur aja tiap abis makan. tapi karna lubangnya cukup dalam jadi kumur2nya harus agak keras. nah pas kumur itu kerasa ada butiran nasi yang kedorong air kumur2nya gak sengajamasuk ke saluran napas. itu udah sejak 4 hari lalu, dan sampe sekarang masih kerasa sakit buat nelen ludah, kadang napasnya juga jadi sesak. kalo buat nelen makanan sih biasa aja. sempet saya kelitikin idung biar bersin bersin tapi tetep aja gak mau kedorong keluar yang nyangkut itu. gimana cara mengatasinyaa ya mbak? mohon bantuanya.. kalaupun harus ke dokter sebaiknya ke dokter apa? (dokter umum, gigi, atau apa?)
    terima kasih

    • wa’alaykumsalam. halo Indri! makasi pertanyaannnya, turut merasakan sakit yang dirasakan..

      Indri bisa ke dokter umum (yang kerja di UGD atau poli dengan fasilitas alat bantu untuk mengeluarkan benda asing di saluran nafas) atau ke dokter spesialis THT yang mungkin alatnya lebih lengkap.

      cara mengeluarkan benda asing bermacam-macam, tergantung di mana lokasi, bisa dijangkau atau terlihat dengan alat yg digunakan atau tidak, teknik pengambilan dokter spt apa. semoga segera ketemu nasi nyangkutnya yaa :)

      kabari kelanjutannya di sini yaa.. :D

  34. assalamu’alaikum… saya mau tanya dok…
    3hri yang lalu setelah nelen obat, rasanya kayak nyangkut di dada. sampai sekarang dada rasanya nyeri kalau di buat nelen makanan atau minuman. kadang juga sakit sampai ke punggung. tidak ada gejala lain lagi.
    itu sebenarnya kenapa? dan bagaimana cara menghilangkan rasa sakitnya?
    terima kasih.

    • wa’alaykum salam sdri Maiya. boleh tahu nama, jumlah, bentuk (kapsul?/ tablet?/ pil?/ ?) dan ukuran obat yang dikonsumsi apa?

      kalau rasa sakit muncul beberapa saat setelah anda mengkonsumsi obat, tak salah sakit yang anda rasakan karena menelan obat tersebut (mungkin jenis obat yang anda telan berbentuk keras/padat (sulit larut ya?) sehingga terasa nyangkut dan mengiritasi saat obat melewati saluran cerna (kerongkongan).
      kemungkinan kedua (bila sakit tidak langsung setelah meminum obat), sakit di daerah dada sampai ke punggung belakang biasa berasal dari lambung. seperti sakit maag. bisa jadi obat yang anda konsumsi merangsang sakit ulu hati atau salah cara pemakaian obat (obat seharusnya dikonsumsi sesudah makan-jadi sebelum makan).

      menghilangkan rasa sakit tentu dengan mencari penyebab sakit dan mengobati dengan benar. untuk itu saya perlu informasi yang lebih banyak. semoga sekarang sudah membaik ya :)

  35. Soree,,,… Sy mw nanya mbak, dah mw 5th sy susah menelan makanan dan air,…kalo d tenggorokan emank lancar tp pas tepat d bagian ulu hati mkanan tsb serasa tidak mau turun k lambung, bahkan jika d dorong pake air pun sulit sekali, yg ada mkanan tsb malah kembali naik dan muntah,, trkadang di muntah tsb sering mengandung lendir bening yg cukup banyak,.
    Dan anehnya lagi air putih pun susah sekali untuk saya telan.,. Setiap makan/minum saya selalu susah payah dlm menelan mkanan/air., dan ketika mkanan berhasil masuk k lambung dlm wktu 30 mnit/1 jm mkanan tsb pun suka naik lagi.
    Saya sudah coba beberapa kali priksa k dokter, tp smuanya hanya bilang penyakit maag,.
    Mohon penjelasannya ki
    Makasihh

    • halo gina, usia gina berapa? sudah berapa lama keluhannya? muntah berapa kali sehari? obat apa yang sudah dikonsumsi? bagaimana kebiasaan makanannya?

      rasa tidak nyaman di saluran cerna biasa disebut Dispepsia di dunia kedokteran. Dispepsia sendiri ada bermacam jenis, ada sakit maag (gastritis), refluks lambung-kerongkongan (GERD), dan lainnya. gejalanya seperti yang gina rasakan; lambung terasa penuh, muntah, mual, dada serasa panas dan sebagainya. pengobatan maag sebenarnya tidak sulit. saya sarankan usahakan makan teratur, kurangi makanan yang merangsang asam lambung (pedas, obat-obatan yang harusnya dikonsumsi setelah makan, dll) juga hindari stress. jangan tiduran setelah makan/ tiduran berlebih karena posisi terlentang berlebih saat dispepsia memungkinkan isi lambung berbalik naik ke atas (kerongkongan). konsultasikan lagi ke dokter bila sakitnya berkepanjangan atau semakin berat ya. maaf baru sempat balas, semoga membantu :)

  36. mbak mau nanya, saya didiagnosa gerd sama dokter..tenggorokan tidak sakit tapi ada sesuatu yang mengganjal.. ada juga tekanan di rahang dan hidung.. ini kenapa bisa seperti ini dan bagaimana mengobati tenggorokan yang mengganjal ?

    • halo Mamat, sudah berapa lama sakitnya? apa sering batuk pilek berulang? merasa ada yang mengalir (seperti lendir) dari hidung ke tenggorokan? sering sakit kepala atau sakit pada daerah pipi/dahi? kalau saya melihat (meraba) gejalanya kok mirip sinusitis ya? setahu saya GERD biasanya gejala seperti sensasi terbakar pada dada, mulut terasa asam, sakit maag (mual, kembung), sering bersendawa dan bisa disertai sakit dan sulit menelan.
      untuk mengobatinya harus tahu penyebab mengganjalnya tenggorokan anda (dengan pemeriksaan fisik yang baik). saya sarankan mencari second opinion ke dokter lain untuk mencari penyebab pasti agar pengobatan bisa benar. terima kasih konsultasinya :)

  37. mau nanya mba, amandel sebelah kiri saya agak membengkak tapi tidak sakit, kalo yang kanan normal normal saja. Bulan lalu aku sempat deman 4 hari, hari kelima aku kena batuk kering, batuk nya masih ada sampai sekarang tapi sudah agak membaik.
    Yang aku cemaskan adalah amandel sebelah kiri yang membengkak tapi gak terasa sakit, sedangkan yang kanan itu normal. Apakah itu bahaya?

    • halo Ando, terima kasih sudah mampir di blog @klikclinickink. amandel yang berukuran tidak sama (besar sebelah) kemungkinan karena sebelumnya pernah terkena radang (infeksi). ciri amandel yang meradang antara lain bengkak, merah dan sakit saat tersentuh/menelan. kalau yang Ando rasakan saat ini bengkak tapi tidak sakit, berarti tanda peradangan pada amandel sudah tidak ada/berkurang. gejala penyerta batuk kemungkinan karena rangkaian infeksi amandel.

      amandel yang besar sebelah tidak berbahaya. bila sakit lebih dari lima hari dan makin memburuk, silahkan konsultasi langsung ke dokter ya.. semoga sudah sembuh :)

  38. Mba kalo saya .. Tenggorokan bengkak seperti ada benjolan gituh .. Kalo puasa ga kerasa sakit nya tapi kalo udah buka wah sakit nya … Kalo mw makan .. Sakit dan terasa panas tenggorokan saya .. Gmn ya mba??

    • halo Indra! terima kasih sudah mampir. apa tenggorokan bengkak yang Indra maksud adalah AMANDEL? lokasi amandel ada di kiri dan kanan kalau kita berkaca sambil membuka mulut dengan suara “Aaa…”
      bentuk normalnya seperti bulatan dengan permukaan yang tidak rata, warnanya sama dengan kulit sekitarnya, tidak nyeri bila menelan. kalau gejala yang dirasakan Indra (nyeri saat buka puasa –> kemungkinan nyeri saat menelan makanan ya? berarti kemungkinan sakit dari amandel atau radang tenggorokan. usahakan makan/ minum minuman yang hangat. kalau sakit terus menerus silahkan konsultasikan ke dokter ya… semoga puasanya lancar :)

  39. maaf mbaak mau konsultasi..
    tenggorokan saya terasa sakit buat nelen air liur..apa lagi makanan.
    gusi bagian belakang juga bengkak.itu knapa ya mbbk.
    dan apa ya obat nya….trimakasih

    • halo anyong. usianya berapa? sudah berapa lama sakitnya? ada gejala lain seperti demam? mual? nyeri kepala dll?
      paling serimg sakit tenggorokan karena terkena infeksi. obatnya tergantung penyebab infeksinya. untuk pengobatan di rumah cukup dengan istirahat, minum banyak air hangat, makan buah2an atau makanan bergizi lainnya. bila dalam tiga hari tidak ada perbaikan atau semakin memburuk, silahkan konsultasi ke dokter yaa…

      gusi bagian belakang yang bengkak bisa jadi karena ada infeksi atau gigi geraham 3 (bila ada) mau tumbuh atau sebab lain. saya sarankan yang ini konsul langsung ke dokter gigi. terima kasih kunjungannya :)

  40. hy kakak, knapa yah saya kalau nelan ludah sakit dan pahit di tenggorokan, sering berdahak gitu kaka..
    itu knapa yah kk, tolong jelasin kk, plissss
    kasih tau obatnya kk,soalnya saya sudah ke dokter THT tak ada di jelaskan cuma sakit amandel aja di bilang, di kasih obat tapi sampe skarang blom sembuh2 kak, padahal udah ada 6 BLN.

    • halo alnora. 6 bulan sakit tenggorokan? ada batuk juga? saya sarankan pemeriksaan dahak di rumah sakit. tapi konsul dulu tentang keluhan, riwayat (perjalanan) peyakit, obat apa yang sudah dikonsumsi, dll ke dokter. bisa jadi obat yang dikonsumsi kurang tepat, kurang dosis atau sebagainya. saya yakin kalau penyebabnya diketahui, sakitnya bisa disembuhkan. tapi masalah obat saya tidak bisa memberikan kalau tidak periksa langsung. hanya bisa menyarankan ke dokter terdekat, cari second opinion.
      makasi dah mampir di sini ya :)

  41. saya mau tanya,dada kiri saya terasa sakit kalo menelan makanan atau pun mau beraktifitas.
    mohon jelaskan dan cara menyebuhkannya/

    • usia anda berapa? sudah berapa lama sakit dirasakan? sakit di bagian dada kiri bisa karena berbagai macam penyebab. dan untuk menyembuhkannya, harus diketahui apa penyebab sakit tsb.

      salah satu penyebabnya adalah gangguan saluran cerna (sakit maag, refluks asam lambung, dll). apalagi sakit yang anda rasakan berhubungan dengan menelan makanan, saya curiga ke arah saluran cerna.

      konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan fisik lebih lanjut, agar penyembuhan bisa tepat.

      terima kasih sudah singgah di @klikclinickink :)

  42. Hallo mba, sy mau nnya.. sya kan sering kena radang tnggorokan, tp bru kali ini sya skit nelen ludahnya di leher sbelah kiri.. biasanya kan yg sakit di krongkongan ya.. tiap kali nelen ludah, leher sblah kiri (deket bahu) sakit banget, kyk ludahnya ngelewatin leher kiri.. itu knpa ya mba? Mkasih sblmnya :)

    • hallo dilla! leher kiri dekat bahu sakit? apa sebelumnya ada gejala flu seperti demam, bersin-bersin dsb? coba dilla raba apa ada benjolan di daerah tersebut? ada gejala lain yang dirasakan? apa sebelumnya ada trauma (salah gerak, dll)?
      kalau leher sebelah kiri dekat bahu sakit saat menelan ludah, bisa saja nyeri yang dirasakan memang berasal dari radang tenggorokan yang sakitnya menjalar ke daerah kiri leher. atau memang ada pembengkakan pada kelenjar getah bening di leher kiri akibat infeksi radang tenggorokan, yang menyebabkan sakit saat tidak hanya saat menelan ludah.
      bila sebelumnya ada riwayat trauma, kemungkinan besar sakit dirasakan karena cedera otot di daerah tersebut, sehingga pada saat menelan ludah sakit dirasakan di daerah trauma.

      silahkan periksa ke dokter ya untuk pemeriksaan lebih lanjut. makasi kunjungannya di @klikclinickink. semoga sudah sembuh.. :)

    • hallo shella! makasi kunjungannya @klikclinickink. mungkin yang anda maksud hanya sisi kanan leher yang sakit? gejala apa saja yang dirasakan? demam, lesu, mual, muntah? apa tidak ada riwayat trauma (menelan tulang ikan, dsb)? jika tidak ada trauma, kemungkinan besar terjadi radang yang menyebabkan sakit pada tenggorokan. sakit pada tiap orang bisa berbeda, di kanan, kiri, menjalar dan sebagainya. diperlukan pemeriksaan fisik untuk mengetahui penyebab sakit secara tepat. silahkan periksa ke dokter ya untuk pemeriksaan lebih lanjut :) semoga lekas sembuh :D

  43. kak sakit ditenggorokan sdh 4 hari susah nelan terus kalau makan terasa pedis ditenggorokan knapa itu yaa kak.. apa karna ada luka di dlm tenggorokan sehingga trasa pedis

    • halo galuh! wah sptnya gejala radang tenggorokan.. peradangan di tenggorokan ditandai dengan pembengkakan jaringan sekitar tenggorokan dan berwarna merah. pembengkakan ini menyebabkan sakit dan sulit saat menelan. coba periksakan ke dokter ya agar pengobatan sesuai. semoga lekas sembuh :)

    • hi tubagus! boleh tahu usia anda sekarang berapa? gusi belakang membengkak, kemungkinan ada gigi geraham ketiga yang akan tumbuh tapi tidak memiliki tempat (impaksi gigi) atau memang ada infeksi di gusi/gigi anda. infeksi pada rongga mulut bisa menjalar ke saluran napas yang menyebabkan susah menelan. sebaiknya konsultasikan ke dokter umum atau dokter gigi terdekat yaa.. semoga lekas sembuh.. makasi kunjungannya ke @klikclinickink :)

    • Asalamualaikum wr wb
      Bu doktr sya mw nanya knp y leher sya skt bgt lw nelan
      Ludah ataupun air terasa pedas , sampe sya gk bsa mkn
      Tp sya tdk batuk pilek dan dlm kuping sya jg ikutan skt dan gatal
      Sehari sblm skt sya demam dok

      • wa’alaykumsalam wr.wb. hi yuni! sakit yang anda rasakan kemungkinan besar gejala radang tenggorokan. diawali dengan demam sebagai tanda terinfeksi virus atau bakteri. sakit yang dirasakan dalam telinga bisa jadi penjalaran dari radang yang ada di tenggorokan. usahakan minum minuman hangat dan makanan makanan yang lunak agar lebih mudah ditelan.
        segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyakit lebih lanjut.. semoga lekas sembuh :)

  44. Mbak, dileher sebelah kiri saya terjadi pembengkakan & semakin lama semakin membesar. awalnya karena ada tulang ikan yang tersangkut. Menurut Mbak apakah benjolan ini harus dioperasi atau bisa sembuh dengan minum obat.
    jujur sampai sekarang belum pernah periksa ke dokter, takut didiagnosa kangker. tapi kondisi tubuh saya normal.

    • hi ronal! pembengkakan di leher kiri harus diperiksa bagaimana bentuk fisik, lokasi, nyeri/tidak, dari mana kira2 asalnya dll. jika sebelumnya ada riwayat tertelan tulang, kemungkinan pembengkakan bisa karena adanya infeksi pada tenggorokan yang menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening di daerah leher (bukan tumor). infeksi disebabkan karena iritasi dalam tenggorokan akibat benda tajam. tanda bila infeksi antara lain bengkak dan nyeri bila ditekan.

      sayangnya anda tidak memberi info sebesar apa dan di mana tepatnya benjolan berada, nyeri atau tidak? untuk mengetahuinya, silahkan periksa ke dokter lebih lanjut yaa.. semoga lekas sembuh :)

      • halo kak, saya mau tanya bbrp hari yang lalu saya muntah dan diare trs menerus akibat makan makanan pinggir jalan, setelah periksa dan diberi obat 2 hari kemudian sudah cukup membaik. Tapi setelahnya, perut kembali sakit dan terus bersuara, ada rasa ingin muntah tp tdk bisa keluar, nafsu makan hilang, makanan di tenggorokan terasa menyangkut, ulu hati terasa sesak dan diarenya kambuh lagi. ini termasuk diare biasa atau gejala maag atau yg lain? sy tdk pernah punya riwayat sakit maag. dan solusi terbaik hrs bagaimana?
        sebelumnya terimakasih kak :(

      • hi qq! boleh tahu obat apa saja yang sudah dikonsumsi? bagaimana jenis diarenya, hanya air atau masih ada ampas? ada lendir dan darah dalam diare? sakit yang dirasakan qq kemungkinan besar akibat dari diare (pengeluaran banyak namun pemasukan sedikit). sehingga perut kosong dan menyebabkan sakit ulu hati. nafsu makan berkurang dan badan terasa lemas karena kekurangan cairan. sendawa yang dirasakan kemungkinan besar karena perut kembung. kadang perut kembung menyertai diare akibat infeksi.
        untuk mengetahui penyebab diare, saya sarankan pemeriksaan feses (kotoran) di rumah sakit atau klinik terdekat agar pengobatan lebih tepat. selama diare konsumsi oralit secukupnya. makan makanan dengan frekuensi seperti biasa, lunak (lembek) lebih baik..semoga lekas membaik ya! makasi kunjungannya di @klikclinickink :)

  45. mbak kiki , saya juga mengalami sakit pada leher atas sebelah kanan , sudah 5 hari , demam saya naik turun , kadang berkeringat terus demam lagi,sekarang tidak lagi panas ,tapi leher saya masih sakit , kalau minum terasa nyerinya , apakah ini di katagorikan amandel? atau demam biasa..

    • hi wahyu! apa ada gejala lain seperti batuk? kalau ada, sudah berapa lama batuk?

      gejala yang anda rasakan bisa jadi akibat adanya peradangan pada rongga tenggorok, bisa amandel atau sekitarnya. didiagnosa menderita amandel akut bila saat pemeriksaan ditemukan tanda peradangan (bengkak, merah) pada amandel. untuk memastikan, hendaknya anda mengkonsultasikan dengan dokter terdekat.

      bila demam lebih dari 5 hari tidak ada perubahan, kemungkinan infeksi membutuhkan obat yang sesuai dengan anjuran dokter (antibiotik).

      terima kasih sudah mampir di @klikclinickink. semoga lekas sembuh :)

    • hi kristin! agak aneh kalau menelan? bisa jadi sedang terjadi infeksi, ada yang nyangkut di tenggorokan atau yang lainnya. coba diperiksakan ke dokter terdekat yaa..agar bisa diperiksa dengan teliti. bila rasa tidak nyaman akibat infeksi/peradangan, biasa disertai gejala nyeri saat menelan.
      maaf baru balas, semoga sudah sembuh :)

    • halo mbak wina, makasi kunjungannya. sayangnya saya tidak bisa menebak sakit apa karena tidak memeriksa langsung dan gejala yang mbak sebutkan tidak spesifik. ada baiknya mbak wina memeriksakan ke dokter terdekat.

      bila gejala sakit kepala menjadi keluhan utama, perlu diketahui sakit kepala sebelah biasa disebut migrain. gejala migrain berupa nyeri berdenyut di satu sisi kepala, kadang disertai mual muntah, sensitif terdahap cahaya. pemacunya bisa bermacam-macam, antara lain kelelahan , perubahan hormonal, makanan, stress, dan sebagainya.

      semoga bermanfaat dan cepat sembuh :)

  46. ass. sy mw brtanya..
    klw sy menelan bkn tenggorokan q yg sakit tapi bagian atas punggung q yg sakit saat menelan. itu gejala x apa ya..???

  47. ass.sy mw! brtanya klw sy menelan bkn tenggorokan kn q yg terasa sakit tp punggung yg bagian atas x yg tra sakit saat menelan

    itu gejala apa yah..??
    tolong jwban x

    • Wa’alaykumslam. Mohon maaf saya tidak bisa menyimpulkan penyakit anda krn tidak memeriksa lgsg. Sakit pada punggung bagian belakang saat menelan kemungkinan krn kontraksi otot yang mungkin berlebihan saat menelan. Tidak ada hubungan langsung nyeri telan dengan sakit punggung. Silahkan periksakan lgsg ke dokter terdekat. Trima ksh kunjungannya :)

    • Pernah periksa tenggorokan sebelumnya? Perlu diketahui tanda saat bagian tubuh mengalami peradangan antara lain terdapat bengkak, merah, nyeri, kehilangan fungsi dan perabaan hangat. Jadi disertai batuk maupun tidak masih bisa disebut radang jika saat diperiksa ditemukan tanda radang.

      Mengganjal saat menelan bisa jadi karena amandel yang besar/ infeksi kronis pada tenggorok. Silahkan periksakan ke dokter..smg lekas membaik dan terima kasih kunjungannya :)

      • usia bapak brp? saya sarankan agar mengkonsumsi makanan yang lunak/cair. usahakan mengunyah makanan hingga benar-benar lunak sebelum menelan. jika tidak disertai gejala lain, kemungkinan hanya permasalahan jenis makanan yang dikonsumsi. terima kasih kunjungannya, semoga bapak segera membaik :D

  48. saya setiap mkan hrus di dorong air, kadang juga gak msuk wlwpun sudah minum air, sesekali sering sakit di dada saya sperti di tusuk dan cara meredakanya saya minum air secara perlahan, air dngin pun tdak bsa saya minum, dan saya sering skali muntah, karena dada saya sperti mengganjal liur.
    Tolong mba ksih infonya.
    Saya mw ke dokter tkut nanti jdi tw penyakitnya, sudah hampir 3 thun saya mengalami pykit ini.
    Mkan, mnum pasti keluar lg dan ketahan di dada.
    Skrng saja dada saya serasa ada sesuatu yg mengganjal.
    Sesekali saya muntahkan dan slalu lendir yg kluar, setiap mkan kburu kenyang dluan karna mnum air kbnyakan

    • Hi arie, apa sebelumnya sering sakit tenggorokan? Sy sarankan tetap konsultasi ke dokter untuk pemeriksaan keadaan fisik. Tanpa pemeriksaan fisik dan mengetahui riwayat perjalanan penyakit yg lngkap, tidak akan diketahui penyebab sakit anda.

      Lebih cepat lebih baik, tak perlu takut dengan penyakit yg diderita. Dibiarkan terlalu lama tidak lebih baik. Semoga bermanfaat :)

    • Halo nita, makasi sudah mampir di blog ini. Tidak ada hubungan nyeri telan dengan sakit pada punggung, akan tetapi manifestasi sakit pada tiap orang berbeda. Bisa jadi saat menelan, otot disekitar leher berkontraksi sehingga daerah punggung dirasakn sakit. Konsultasikan ke dokter terdekat bila sakit berkepanjangan untuk diperiksa keadaan fisik yaa :)

  49. Satu minggu yng lalu sya habis oprasi gigi bungsu terus sya di kasi resep obat sama dokter terus seprti anti biotik clindamycin dan anti bengkak klau sya nelen obat anti biotikx kersa yangkut di ulu hati sya suda berenti minum obatx terus stiap sya mau nelan makanan tersa sakit di ulu hati sya stiap ada makanan lewat sya harus berpenggang klau mau makan dan minum soalx sakit sekali di bagian ulu hati sya saat menelan apa pengaruh obat anti biotikx bgai mna cara menhilangkan rasa sakitx suda satu minggu gak sembuh sembuh tolong bantuanya sya tidak bisa mkn kasian makasih

    • Hi cemmank, semoga sakit anda telah membaik.
      Nyeri ulu hati yang anda rasakan bisa jadi efek samping obat yang sebelumnya dikonsumsi (antibiotik/anti nyeri). Sy sarankan bila nyeri masih berlangsung setelah konsumsi obat berhenti, hendaknya memeriksakan ke dokter terdekat. Bisa jadi ada penyebab lain, bukan krn efek samping obat. Terima kasih atas kunjungannya :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s