All posts by AQILAH

Kapurung

Bismillah. Tak perlu jauh ke negeri orang baru boleh kangen dengan masakan Indonesia. Cukup lidah sulawesi ini meminta makan kapurung di pulau Jawa. Jadilah acara kapurungan di rumah.

Kebetulan di Semarang bulan februari kemarin lagi musim ikan kembung di pasar langganan (pasar prembaen). Pasar favorit pertama untuk belanja ikan dan sayur-mayur unik (sayur yang jarang ditemukan di pasar lain di Semarang)

Karena stok di freezer sudah cukup lengkap, jadilah berencana memasak kapurung bareng mbak. Alhamdulillah ada patner buat kapurungan. Secara ini kali pertama masak kapurung sendiri di rumah.. Hmmm maknyus, maasyaallah!

kapurung ala Sampookong by sister

Yang saya doyan dari masakan-masakan Sulawesi adalah bumbunya yang minimalis, namun rasa maksimal (mungkin karena terbiasa lidah sulawesi). Tanpa micin sudah gurih BANGET. Cuma direbus tanpa ulek bahkan tanpa blender. Cukup duo bawang-asam-tomat-garam. WOW BANGET nagihnya (nulis sambil ngiler).

Pantes saja (mungkin) saya agak kurusan sejak tinggal di Jawa. Lidah saya sepertinya kangen masakan rasa sulawesi. Mulai dari ikan laut segar yang cukup digoreng/bakar teflon dengan garam, merica, bawang merah sudah oke banget.

Oiya, untuk wong jowo yang nggak doyan sama ikan-ikanan tetap saya sarankan mencoba Kapurung. Rasanya bakal nyesel deh kalau seumur hidup nggak pernah merasakan kapurung.

Berikut bahan untuk memasak kapurung:

1. KUAH IKAN (campur semua bahan, tidak perlu terlalu lama merebus ikan karena cepat matang)

  • Ikan kembung 1 kilo, air secukupnya, bawang merah iris
  • Bawang putih iris, tomat iris, kunyit bubuk, garam

2. SAYUR : kangkung, bayam, jantung pisang (khas), jagung, kacang panjang. Sayur tadi disaring, lalu air rebusan (kuah sayur) digunakan untuk kuah kapurung bersama kuah ikan).

3. PELENGKAP (optional, campur kuah ikan) : udang rebus (diulek), ebi goreng, kacang goreng (haluskan), pattikala (iris tipis, rekomen untuk penambah asam kuah), cabe rawit, teri goreng, jeruk nipis

Sayuran pelengkap kapurung

3. SAGU : dicuci bersih (takaran kira-kira), disiram dengan air mendidih pelan-pelan sambil diaduk rata agar tidak bergerindil. Dibulat-bulatkan dengan sumpit. Lalu dicampur kuah tadi.

Rasanya pengen buat warung kapurung di Semarang kalau terbayang rasa dan lengkapnya bahan-bahan kapurung. Orang semarang ada yang vote saya buat warung kapurung gak? HAHA

Yuk yang belum pernah mencoba, bisa dicoba membuat makanan khas Sulawesi ini. InsyaALLAH sehat dan doyan

Syawal 1439 H

Advertisements

Trip to Malang

Dari Kediri kami melanjutkan perjalanan ke Malang. Tujuan kami ke Malang silaturahim dengan kerabat sekaligus jalan-jalan di Batu, Malang.

Sampai di Malang mampir ke rumah sepupu di Pesantren Jamiurrohmah, rumahnya tak jauh dari Stasiun Kota Lama Malang. Beberapa jam di Kota Malang lanjut ke Batu dengan gocar, dengan biaya kurang lebih 72.000 dan perjalanan kurang lebih 1 jam.

Di Batu kami menginap di 38 front one hotel di Jalan Hasanuddin. Hotel ini belum genap berusia 1 bulan. Layanannya bagus. Menyewa kamar sudah mendapat sarapan. Menu sarapannya pun enak. Ada nasi goreng, mie goreng, bihun, opor sayur, bubur ayam, sayur tumis, buah iris, teh, kopi sampai roti lengkap dengan selai dan bread toaster nya.

Sarapan roti bakar

Fasilitas hotel yang masih baru ini cukup lengkap, di depan hotel ada area bermain anak (meski agak kecil dan belum terawat hehe) dan sedang dibangun kolam renang. Air panas dan kit alat mandi juga disediakan.

View malam hari dari atas hotel, lantai 2

 

Restoran hotel

Jarak hotel ini kurang dari 1 km dari Balaikota Batu. Dekat rumah makan dan bersebrangan dengan Indomaret. Di depan indomaret ada Kebab dan ada penjual bakmi jowo. Gak repot nyari makan di daerah Batu.

Suasana restoran dekat hotel

Yang agak susah karena sedang masa lebaran adalah memesan gocar. Lama dan sering cancel.

Di Malang kami mampir ke Jatim Park 2. Penasaran dengan Jatim Park yang katanya luas banget. Di Jatim Park 2 ini ada berbagai wahana dan paket tiket. Saat itu kami memilih 2 paket, yaitu kebun binatang dan museum satwa. Dengan 1 tiket masuk seharga Rp. 120.000. Untuk anak dengan tinggi badan kurang dari 85 cm, bebas biaya masuk.

Kami datang pukul 10.00 kurang, belum sampai jam 10 pintu wahana sudah dibuka dan padatnya pengunjung sudah terasa di luar wahana.

Satu dari ribuan jenis hewan di kebun binatang Jatim Park 2

Benar saja wahana Jatim Park benar-benar sangat luas. Ada banyak binatang dan hiburan di dalam. Saya sarankan menyewa motor kecil yang disewakan 100.000 per 3 jam, sebab motor tersebut sangat berguna untuk menjelajahi wisata Jatim Park. Sayang saat itu tidak kepikiran luasnya wahana ini hingga sampai akhir perjalanan rasanya capek juga ya :”)

Show singa laut di samping playground

Wahana Jatim Park 2 ini cocok untuk segala jenis usia. Di puncak taman ada wahana bermain yang dominan gratis! Anak-anak mana yang ngga senang main di Jatim Park. Beberapa wahan bermain anak, dibatasi tinggi badan (minimal 100 cm), jadi ngga semua bisa anak nikmati.

Banyak restoran dan makanan yang tersedia juga di Jatim Park. Pilihan makanannya juga relatif enak. Makan di restoran cukup dengan mengisi kartu, yang uangnya bisa diambil kembali jika sisa.

Selain kebun binatang, playground anak dan wahana bermain yang super luas, paket wisata yang satu lagi yaitu museum satwa. Karena sudah berjuta binatang yang kami lihat sebelumnya di kebun binatang, sampai di destinasi terakhir (museum satwa), rasanya sudah lelah.. tinggal menyusuri jalan ke pintu exit 😅

Asli apa palsu? Salah satu isi museum satwa Jatim Park 2

Malam kedua cuaca Batu tidak gerimis, kami menyempatkan jalan ke alun-alun Batu. Ramai! Kesan pertama ke alun-alun Batu. Deretan makanan menyambut di pintu masuk. Selanjutnya ke taman yang dilengkapi wahana bianglala dan permainan anak lain, dengan biaya masuk Rp. 5000 per orang sekali putar Bianglala.

Bianglala, hiburan di alun-alun untuk melihat pemandangan Batu di malam hari

Hari ketiga sebelum balik mudik ke kota Malang, kami mampir ke perkebunan untuk memetik apel malang. Dari hasil survey tanya ke sana kemari, kami mampir ke Argo Rakyat yang lokasinya tak jauh dari hotel. Dengan tiket masuk Rp. 25.000 per orang + biaya antar ke kebun apel Rp. 60.000 (ditunggu angkot bolak balik sebab lokasi perkebunan masih sekitar 2 km dari tempat membeli tiket). Argo rakyat ini apel nya kecil-kecil. Makan di tempat bebas biaya, namun jika dibawa pulang dihargai 1 kilo 25.000 rupiah.

Ke Batu Malang tanpa petik apel rasanya kurang lengkap

Perjalanan di Malang diakhiri di stasiun Kota Baru. Diantar sepupu ke stasiun tersebut pukul 13.00 selepas sholat Jumat. Perjalanan Malang dilanjutkan ke Surabaya dengan kereta Bima, untuk terus ke Semarang keesokan harinya.

Cuaca pagi di Stasiun Turi, nyari sarapan pagi di Solaria :”)

Di Surabaya semalam, kami menginap di penginapan baru dekat stasiun Turi. Nama hotelnya Intan Hotel. Termasuk baru dalam dunia perhotelan sebab baru saja launcing dua bulan, hotel ini bersih, nyaman dan instagramable sebab lobby nya di design modern, cocok untuk spot foto-foto. Arsip fotonya nggak punya yang khusus view lobby hotel, jadi ngga diupload. Tapi hotel ini sangat rekomended untuk tidur harian di dekat stasiun, sebab harga dan fasilitasnya terjangkau.

Back to Semarang

Ahamdulillah liburan singkat dadakan ke Jawa Timur selesai dengan menyenangkan. Jadi ketagihan liburan lagi. InsyaAllah di lain kesempatan bisa liburan dan silaturahim dengan keluarga yang ketemunya bertahun-tahun sekali. Aamiin..

Syawal 1439 H

 

 

Mudik ke Kediri

Alhamdulillah idul fitri 1439 H tahun ini bisa silaturahim ke kampung halaman bapak di Kediri, Jawa Timur. Bekal ngatur-ngatur jadwal jaga, akhirnya bisa liburan 5 malam. Yeay!

Senang banget akhirnya bisa injak kota kelahiran bapak lagi. Sudah lebih 7 tahun semenjak nikah nggak injak kota kecil tempat kelahiran bapak. Beberapa hari sebelum mudik, surfing tiket kereta api Semarang-Kediri. Karena dadakan lihat peluang libur, akhirnya baru mencari tiket seminggu sebelum keberangkatan. Dan akhirnya ngga dapat tiket kereta alias kehabisan tiket langsung Semarang ke Kediri. Karena takut ngga bakal dapat tiket ke Kediri, langsung nyari kereta dari stasiun lain dan akhirnya dapat kereta Solo-Kediri.

Dengan pertimbangan lain, berharap masih ada kursi kosong Semarang-Kediri, tiap beberapa hari ngecek website KAI dan traveloka. Kursi kosong terbatas 1 seat, tidak lebih dari 2 kursi tersedia (padahal butuh 4 seat), notifikasi tiket habis, habis, habis. Hari demi hari ngecek berkala hingga beberapa hari sebelum keberangkatan dapat juga kursi kosong dengan kereta yang sama lewat traveloka. Alhamdulillah.. akhirnya tiket Solo-Kediri dibatalkan.

Kereta yang kami gunakan kereta api Brantas, dengan harga tiket 84.000/orang, berangkat dari Stasiun Tawang pukul 00.05 dan sampai di Stasiun Kediri sekitar pukul 06.38. Perjalanan Semarang Kediri menempuh waktu kurang lebih 6,5 jam.

cerah matahari di Stasiun Kediri

Dari stasiun Kediri, dijemput sepupu mampir ke rumah makan yang sangat ramai di Kediri. Sayang sampai di rumah makan tersebut, nggak tahan lihat antrian yang sangat puanjang (perut sudah keroncongan maksimal).. akhirnya diputuskan makan di tempat lain yang lokasinya tidak jauh dari tempat kami tinggal. Hari itu kami sarapan khas warga Kediri, yaitu Sambel Tumpang. Yummy! Baru pertama kali merasakan makanan khas tersebut di kota aslinya. Sambel tumpang Kediri disantap bersama tahu, tempe, tauge dan rempeyek. Sayang kemarin tidak sempat mendokumentasikan sarapan khas kediri, sudah keburu lapar.

Salah satu pasar di sudut Kediri yang saya ambil fotonya dari atas mobil

Perjalanan ke Kediri kami agendakan selama 2 malam, selanjutnya silaturahim dan jalan-jalan ke sepupu di kota Malang. Selama di Kediri, kami tinggal di rumah kosong milik sepupu yang bersebrangan dengan rumah bulik. Rumahnya hanya beberapa meter dari gapura perbatasan Kabupaten dan Kotamadya Kediri. Jalur bus ramai melewati rumah tersebut.

Ke Kediri tidak lengkap tanpa mencoba tahu khas Kediri

Senang banget selama di Kediri diajak keliling melihat perkembangan kota Kediri. Kami singgah ke Monumen Simpang Lima Gumul (SLG), bangunan yang bentuknya adaptasi dari Arc de triomphe di Paris. Suasana sore itu sangat padat, hingga mau take foto tulisan “Kediri Lagi” di depan monumen tidak bisa kosongan tanpa dipadati khalayak ramai.

Hello Kediri!

Kami datang ke monumen sekitar pukul 16.30, hingga adzan magrib. Tersedia mushola dan pasar malam di daerah monumen. Angin berhembus kencang diiringi suara burung yang bersarang di atas monumen.

Tinggi monumen SLG sekitar 25 meter

Lanjut ke tempat wisata selanjutnya, Taman Hijau SLG (Simpang Lima Gumul). Lokasi tak jauh dari monumen SLG. Sayang karena datangnya malam, taman hijau ini sudah ditutup. Jam operasional hanya sampai jam 17.00, selanjutnya hanya bisa duduk-duduk di pinggir taman (tidak bisa masuk ke kolam). Taman SLG ini menurut saya sangat bersih dan terawat. Kolam ikannya penuh habitat ikan dan info dari youtube kolam tersebut bisa dijadikan tempat bermain anak seperti main air di sungai. Banyak spot foto yang insatgramable di Taman Hijau SLG.

Suasana malam Taman Hijau SLG

Sebelum mampir di taman ini, kami bermain sepeda warna di samping taman. 1 mobil berisi 4-5 orang untuk mengayuh sepeda. Harga sewa 35.000 sekali muter taman. Selain itu mencoba motor kecil juga, 15.000 dua kali putar taman. Seru!

 

Selama di Kediri kemain alhamdulillah silaturahim ke rumah Bude Sri di Mrican, Bulik Tutik, Mbah Bandi di Turus, ke paklik Bagyo, paklik Hary dan lainnya. Juga ke makam Mbah Sukarniadi dan Mbah uti Supiatun.

2 hari sangat menyenangkan di kota Kediri. Semoga bisa sering kumpul silaturahim dengan keluarga Bapak 🙂

Syawal 1439 H

Sup Bakso Tahu

Bismillah. Ingin kembali produktif menulis lagi nih.

Kali ini mau berbagi resep masakan andalan saya tiap lebaran. Menu ini cocok banget buat menetralisir lidah jika menu lebaran di rumah dominan masakan bersantan. Nama masakannya Bakso Tahu, berbeda dengan Tahu Baxo nya Semarang lho.. kalau Bakso Tahu ini baksonya terbuat dari ikan dan disajikan dengan kuah berbahan dasar kaldu ayam.

penampakan bakso ikan

Semenjak berkeluarga ini menu andalan saya tiap lebaran. Makan bakso ini dicampur kuah kaldu ayam dan burasa (beras bersantan yang dibungkus daun pisang dan direbus hingga padat).

proses mulai dari fillet ikan-blender-campur bumbu halus

Bahan dan cara membuat makanan ini relatif mudah. Resepnya bisa dilihat di sini : Sup Tahu Bakso Ikan. 

Membuatnya pun cukup singkat, dalam 2-3 jam insyaAllah sudah siap dihidangkan. Tapi kalau saya selalu membuat stok bakso ikan terlebih dahulu lalu disimpan di freezer, untuk kuahnya dibuat di malam takbiran agar fresh dinikmati keesokan harinya.

Bakso tahu siap saji

Kemarin saya pakai Sagu Tani untuk bahan bakso ikan, tapi entah kenapa baksonya jadi sedikit keras dibanding biasa, mungkin kebanyakan ikannya.

Kalau ini penampakan burasa, teman hidangan Bakso Tahu. Kalau mau ngebayangin rasa burasa ini, sebelas dua belas sama arem-arem, tapi tanpa isian. Mengukusnya cukup beberapa jam jika menggunakan presto.

Burasa

Lebaran tahun ini ditemani ibu dan bapak, jadi ngga kerasa capeknya masak-masak lebaran 😀

Syawal 1439H

Cara Perpanjang STR Dokter ONLINE (2)

Bismillah.

Balada pengurusan STR offline sudah lewat. Tiba saatnya mencicil SKP online.

Awal tahun 2018 banyak broadcast via whatsapp yang menginfokan bahwa pengurusan STR sudah menggunakan sistem ONLINE. Kebetulan sekitar akhir 2016 saya sukses login dan menyimak aplikasi IDI online via web IDI.

Cukup senang sebab sistem DATABASE dokter mulai tertata dengan sistem online ini. Namun, menurut saya sistem ONLINE ini akan membuat “dokter rumah tangga” (semacam ibu-ibu muda seperti saya) akan tersingkirkan niatnya mengurus perpanjangan STR. Sebab kriteria verifikasinya sangat komplit dan kesannya harus terpenuhi semua 😀

Jika benar demikian, kemungkinan akan cukup banyak “DOKTER UMUM WANITA” yang “gugur” satu per satu, karena keterbatasan mengumpulkan SKP, belum lagi data buktinya harus discan, lalu diupload satu per satu (sepertinya akan butuh asisten khusus untuk hal ini). Maaf ini hanya sekedar opini dan curhatan hati saya sebagai dokter wanita yang sudah tidak lajang 😀

PERPANJANG STR online ini sangat memudahkan jika benar kita berada di jalan “dokter sebenarnya”. Tinggal klik-klik dan melengkapi data, lalu bisa verifikasi mendapat SERTIFIKAT KOMPETENSI online dan akhirnya terbitlah STR.

Berikut jika TS sekalian ingin mulai mencicil data untuk perpanjang STR online:

borang_online_dokter1
data yang bisa diinput di IDI online: data pribadi, keanggotaan, pendidikan, pekerjaan, praktik, dokumen, iuran dan P2KB. sangat lengkap!

Karena pengurusan STR online sangat mudah, apapun kegiatan yang berhubungan dengan aktifitas TS sebagai dokter usahakan minta data sebagai bukti dan mulailah merapikan data. Adapun jenis surat yang diminta bisa dilihat di “DATA P2KB”.

klik pilihan INPUT KEGIATAN. maka banyak referensi kegiatan yang bisa kita input datanya

Berikut salah satu contoh data yang sudah saya input;

Kegiatan eksternal pengabdian masyarakat: Sosialisasi Aturan Organisasi

Jika berhasil menginput data, maka kegiatan bisa dilihat seperti berikut;

Hasil input 1 data kegiatan

 

Kemudian, jika sudah cukup banyak data yang terinput. Berikut tampilan bagan pada layar RESUME KEGIATAN;

Hasil input data P2KB online

Saran saya jika memang nantinya verifikasi online dilakukan 100% (tidak perlu sering ke kantor IDI lagi), sebaiknya mulai mencicil data sedikit demi sedikit. Sebab akan sangat terbantu sistem online ini untuk melakukan verifikasi guna mendapatkan sertifikat kompetensi dan selanjutnya penerbitan STR oleh KKI.

 

Silahkan baca tulisan sebelumnya; CARA PERPANJANG STR DOKTER (manual)

Download contoh borang offline di sini: DOWNLOAD SAMPLE BORANG DOKTER

 

Salam TS, semoga info bermanfaat!

Rajab 1439 H

 

 

Cara Perpanjang STR Dokter

Akhir tahun kemarin dengan niat bulat nyemangatin diri sendiri buat perpanjang STR yang dalam hitungan hari sudah habis masa aktifnya. Entah harus mulai dari mana karena harus mengumpulkan data selama 5 tahun terakhir. Sedangkan dalam posisi sudah tidak bekerja di instansi di mana pundi-pundi SKP bisa dikumpulkan hehe

Sejak lulus lalu menikah dan pindah-pindah nomaden, praktek terbatas dan sesempatnya, rasanya mustahil mengumpulkan 250 skp dalam 5 tahun. Karena melihat teman-teman seangkatan pada semangat mengurus perpanjangan STR ini, akhirnya sekitar awal desember mulai cicil mengumpulkan data dan berkas yang dibutuhkan untuk perpanjang STR.

Sekedar informasi, untuk memperpanjang STR ini tergantung lokasi IDI teman sejawat. Ada yang kebijakan IDI nya mengisi berkas dahulu, membuat borang, maupun tinggal duduk manis di rumah menunggu sms kantor POS kalau STR telah jadi dan bisa diambil.

Karena posisi saya akhir desember tahun 2016 KTP domisili Sulawesi, IDI Sleman dan sekarang domisili di Semarang, maka pembuatan STR ini terasa sangat WOW (lebay ya hehe). Awalnya minta bantuan ke Kantor IDI Kota Semarang, menanyakan apa yang harus saya lakukan kalau status IDI seperti ini. Apalagi saat di Sleman tidak diberikan kartu IDI (hanya identitas anggota IDI sementara, tidak ada nomor NPA IDI).

Karena status IDI yang masih tanda tanya ini, akhirnya minta bantuan teman PPDS Anestesi di Jogja untuk minta kontak pegawai IDI yang berkantor di Bagian Anestesi RSUP Sardjito. Dapatlah salah satu kontak pegawai, yang sudah tidak di bagian tersebut lagi (IDI Sleman sudah pindah >.<). Akhirnya diberi kontak nomor kantor IDI. Lalu diberi kontak whatsapp admin IDI Sleman. Dikirimkan Formulir Permohonan Pindah Anggota/Mutasi dari IDI Sleman.

Berhasil mengurus mutasi dari Sleman (syaratnya : lunas iuran IDI setempat dan mengisi surat mutasi), akhirnya bergabung jadi anggota IDI Kota Semarang. Selanjutnya mengumpulkan syarat berkas perpanjang STR melalui IDI Kota Semarang. Untuk IDI Kota Semarang, syaratnya bisa lihat di sini. 

Agar lebih cepat di proses, teman sejawat bisa langsung mengisi secara online di peranjang STR di website Konsil Kedokteran Indonesia.  Di website KKI sudah lengkap data dan tatacara registrasi online.

Bisa ngga sih perpanjang STR “full” online melalui webiste KKI?

BISA, kalau punya semua syarat yang diminta.

Sayangnya, ada satu syarat yang tidak bisa diurus sendiri (perlu bantuan IDI setempat), yaitu sertifikat kompetensi terbaru (serkom terbaru). Sertifikat kompetensi ini diterbitkan oleh IDI provinsi. Misal, anggota IDI Kota Semarang diterbitkan oleh IDI Jawa Tengah. Nah, proses penerbitan sekom ini yang tergantung syarat IDI setempat.

Untuk IDI semarang silahkan lihat di website IDI Semarang http://idisemarang.org/. Untuk CONTOH borang bisa diunduh dari LINK di bawah tulisan ini, sudah saya UPLOAD. Untuk paduan membuat borang bisa dilihat di website IDI : sini. Download file Paduan P2KB di link tersebut, sudah lengkap cara menghitung SKP dan lain-lain.

Dalam beberapa minggu membuat berkas borang, mengumpulkan tanda tangan kepala rumah sakit (yang untungnya ketua IDI di sulawesi), alhamdulillah dibantu adik ipar yang kerja di bagian HR rumah sakit tersebut. Akhirnya jadilah borang dengan total SKP minimalis. Hehe

Alhamdulillah dengan adanya SKP online, ngejar SKP dari online yang lumayan mudah dan nambah ilmu. Hampir 70% SKP saya online (harusnya sih SKP rata di setiap bagian yang ditentukan P2KB, maksudnya : SKP dari praktek, meneliti, sosialisasi dan lain-lain).

Dari hasil mengumpulkan SKP online, jadilah borang saya dengan SKP seadanya. Kalau ngga salah waktu itu SKP tidak sampai 200.

Berikut link CME dokter online yang bisa dikerjakan untuk mendapat SKP IDI gratis:

Tempo hari saya menggunakan CME mims versi English, karena laptop ngga mampu buka website CPD mims id. Hehehe.. alhamdulillah tidak ada masalah saat membuat borang.

Oiya untuk mengakses CME online ini diperlukan NPA IDI Pusat. Karena NPA selama ini bermasalah (ngga terbit padahal sudah lama daftar IDI), saya coba mengontak email : pusdalin@idionline.org. Alhamdulillah pelayanannya sangat fast respon, hanya mengumpul berkas melalui email, NPA saya sudah terverifikasi dan masuk ke list anggota IDI.

Berapa lama proses perpanjangan STR jadi?

Untuk proses penerbitan STR sejak berkas diterima di pusat KKI hingga dikirim ke kantor pos sesuai domisili kurang lebih hanya 1 bulan. Yang cukup lama adalah proses penerbitan sertifikat kompetensi baru (tergantung kebijakan IDI masing-masing yaa)

Jangan lupa setelah borang selesai, isi berkas online di web KKI lalu konsultasikan ke IDI setempat. InsyaAllah STR baru bisa segera terbit. STR yang sudah dalam proses akan mendapat sms dari KKI pusat. Usahakan cek berkala setelah 3 minggu-1 bulan dari sms tersebut. Cek status STR di sini.

Copy “nomor berkas” yang ada di cek status tersebut, lalu cek di website POS Indonesia untuk mengetahui posisi STR yang sudah dikirim dari pusat.

Tanda jika STR baru telah diterbitkan, yaitu masa berlaku STR yang sudah diperbaharui di website. Untuk masa berlaku ini, dimulai dari STR diterbitkan yaa. Jadi kalau ngurusnya 3 bulan setelah STR habis, maka masa aktif STR baru setelah verifikasi data kita diterima dipusat. Untuk masa berlaku ini, diakhiri 5 tahun sesuai tanggal lahir.

 

sample info cek status STR. STR lama masa aktif sampai 5 Januari 2017, STR baru aktif April 2017

Jadi usahakan perpanjang STR jauh sebelum tanggal STR habis yaa, minimal 6 bulan sebelum habis sudah bisa mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan.

Sebenarnya pengisian borang ini bisa dilakukan secara online juga melalui website IDI online, namun belum mulai disosialisasikan (sepertinya) hehe

Semoga info ini bermanfaat untuk TS sekalian.

Rabiul Awal 1439 H

 

Tulisan lanjutan bisa dibaca di sini : PERPANJANG STR ONLINE (2)

Download contoh borang offline di sini: DOWNLOAD SAMPLE BORANG DOKTER

Chocolava Chococheese Dapur Quiyut [review]

Bismillah, kangen nulis-nulis 😊

Hari ini pengen buat review produk Chocolava dan Chococheese Dapur Quiyut. Mungkin banyak yang sudah sering lihat ya cake coklat dengan lelehan coklat jika cake dibelah? Nah.. chocolava by Dapur Quiyut menyajikan hidangan cake ini dengan rasa yang spesial.

Chocolava Cheese by Dapur Quiyut

🍮 Varian rasa Chocolava

Saat ini ada 2 varian rasa kue coklat leleh Dapur Quiyut. Chocolava dan Chocolavacheese. Keduanya cake coklat berukuran kurang lebih 10x 4 cm. Untuk Chocolava berisi coklat leleh, sedangkan untuk chocolavacheese campuran coklat dan keju.

Kemasan cake Chocolava, untuk Chococheese diberi tanda khusus. Ada kontaknya di label, silahkan dicatat untuk pemesanan 😊

🍮 Tekstur kue Dapur Quiyut

Kalau soal rasa ngga usah ditanya, buat penggemar coklat wajib nyobain chocolava. Tekstur cake chocolava ini lembut, apalagi kalau fresh baru jadi. Kuenya cenderung sponge. Ditambah nikmatnya coklat hangat yang meleleh, makin lumer di mulut.

Kombinasi cake dan coklat leleh Dapur Quiyut menurut saya manisnya pas. Untuk yang suka keju, ada pilihan Chocolava Cheese, dengan kombinasi keju dan coklat, rasanya makin Wow.

Tampilan Chococheese, atasnya agak lengket di box kue karena perjalanan jauh ke luar pulau hihi

🍮 Penyajian Chocolava Cheese

Chocolava ini bisa disajikan hangat, dingin maupun adem (suhu ruang maksudnya hehe), sesuai selera penikmat saja (bahasanya 😂). Kalau saya suka banget chocolava disajikan hangat. Soalnya lelehan coklat dan lembut cakenya membuat rasa kue jadi makin pas di lidah. Nah, untuk chococheese, saya suka disajikan saat kue dingin dari kulkas. Padet kuenya pas, seperti makan puding cake keju coklat.. Enakkk

Di atas video Chocolavacheese saat baru selesai dikukus. Hihi lumerrr

Untuk menghangatkan chocolava, bisa menggunakan kukusan kecil, caranya:

  1. Didihkan kukusan hingga beruap 
  2. Tutup kukusan diberi alas agar air tidak menetes di kue
  3. Kukus kue di atas piring selama -+3 menit (jika kue baru dikeluarkan dari kulkas)
  4. Nikmati hangat agar coklat deras meleleh 
Didihkan kukusan, jangan lupa alas tutupnya dengan kain/serbet bersih
Kue setelah dihangatkan -+3 menit, agak sedikit mengembang dari sebelumnya, makin sponge dan meleleh

    🍮 Daya tahan Chocolava

    Untuk daya tahan, kue ini lebih dari 24 jam di suhu ruang insyaAllah aman. Sudah terbukti dibawa jauh dari Makassar ke Semarang. Untuk selanjutnya bisa diamankan di kulkas dan disajikan sesuai selera. Untuk lebih 24 jam di suhu ruang saya belum pernah coba, soalnya kalau sudah 24 jam biasa sudah habis kuenya 😂

    Untuk daya tahan lelehan isinya, saya juga belum pernah hitung berapa lama. Soalnya langsung habis seketika cake ini ada di depan mata hihi

    🍮 Harga Chocolava

    Harga chocolava Rp 10.000 dan chococheese Rp 12.000. Sangat terjangkau untuk ukuran kue dengan bahan dan cara pembuatan khusus seperti ini.

    Chocolava Cheese, kejunya tebel yaa 😋😋😋

    Semoga review ini bermanfaat untuk kenalan dengan produk Chocolava-Cheese Dapur Quiyut.

    Untuk pemesanan made by order di area Sulawesi ya.. Bisa kontak whatsapp +62821-8762-5827 dan kunjungi sosmednya di instagram atau facebook. Dapur Quiyut menerima jasa titip juga jika ingin order di luar Sulawesi 🙂

    Sukses Dapur Quiyut ðŸ˜Š

    Semarang, Dzulqaidah 1438H