Category Archives: Dapur Cookink

Membuat Lasagna, Mudah!

Bismillah.

Siapa yang doyan pasta dan sejenisnya? Bisa mencoba membuat sendiri di rumah salah satu makanan ala Eropa ini. Lasagna!

Lasagna homemade

Membuat lasagna tak perlu bahan banyak. Intinya hanya 3 bagian: saus daging, saus putih dan lasagna instan. Untuk lasagna instan ini banyak jenis brand yang tersedia di supermarket. Kali ini saya mencoba pakai lasagna merk Balducci.

Pilih ini soalnya ukuran sheetnya gede

Karena petunjuk di kemasan lasagna “oven ready”, jadi kemarin saat membuat saya ikut instruksi di kemasan (tanpa merebus pasta sebelum dipanggang). Sayang karena adonan saus daging kemarin agak seret (sausnya kering), jadi hasil lasagna nya kurang empuk. Kalau mau aman (lasagna mateng maksimal), bisa mengikuti resep berikut.

Resep kali ini mengikuti link di atas dengan sedikit modifikasi karena bahan nya ngga selengkap di resep rujukan.

Bahan SAUS DAGING (BAHAN 1)

  1. 1 sdm minyak untuk menumis
  2. 1 Bawang bombay ukuran sedang, iris kasar
  3. 6 bawang putih kecil, geprek, iris kecil
  4. Daging giling 250 gram
  5. Pasta tomat 1 kaleng (brand ayam)
  6. 3 sendok makan saus tomat
  7. 2 buah tomat ukuran besar, rebus buang kulit, cacah halus
  8. Jamur champignon potong dadu (beli di pasar)
  9. 1 sdt garam
  10. 1/2 sdm gula
  11. Oregano bubuk secukupnya
  12. 1/2 sdt lada hitam bubuk
AYAM BRAND, pasta tomat murni

Bahan SAUS PUTIH (BAHAN 2)

  1. 500 cc susu UHT putih
  2. 2 sdm tepung terigu
  3. 1 sdm mentega
  4. 1/2 sdt merica hitam
  5. 1/4 sdt garam
  6. Keju parut sesuai selera

LAPISAN :

  • Lasagna instan (rebus dahulu hingga lunak). Jika tidak mau rebus sebelum dipanggang, adonan saus daging bisa diperbanyak tomatnya/ jangan “dikeringkan” agar sheet empuk terebus oleh “kuah” tomat
  • Keju mozarella/keju mudah leleh (iris tipis untuk lapisan atas)

CARA MEMBUAT:

  1. Tumis bumbu bahan 1 hingga harum, masukkan daging, tomat dan saus tomat serta jamur. Tumis hingga air tomat meresap.
  2. Untuk bahan 2, lelehkan mentega, lalu masukkan susu cair yang sebelumnya telah diaduk rata dengan tepung terigu. Masukkan bumbu halus. Aduk dengan api kecil hingga adonan mengental.
  3. Jika bahan 1 dan 2 telah selesai, lasagna siap ditata sesuai selera.Β Β Lapisan 1 dimulai dengan lasagna sheet–lapisan saus daging–saus putih–keju–lasagna sheet dst. Lapisan atas saya beri keju mozarella.
  4. Panggang kurang lebih 30 menit atau hingga lapisan lasagna matang. Jika lapisan lasagna sebelumnya telah direbus, maka pemanggangan bisa lebih cepat.
Pakai alas PIREX yang diolesi mentega

Untuk bahan lasagna ini 11-12 dengan topping pizza /sphageti sih… InsyaAllah membuatnya mudah! Jangan lupa merasakan adonan (sudah pas rasa atau belum) sebelum menata lasagna.

Selamat mencoba!

Dzulkaidah 2018

Kapurung

Bismillah. Tak perlu jauh ke negeri orang baru boleh kangen dengan masakan Indonesia. Cukup lidah sulawesi ini meminta makan kapurung di pulau Jawa. Jadilah acara kapurungan di rumah.

Kebetulan di Semarang bulan februari kemarin lagi musim ikan kembung di pasar langganan (pasar prembaen). Pasar favorit pertama untuk belanja ikan dan sayur-mayur unik (sayur yang jarang ditemukan di pasar lain di Semarang)

Karena stok di freezer sudah cukup lengkap, jadilah berencana memasak kapurung bareng mbak. Alhamdulillah ada patner buat kapurungan. Secara ini kali pertama masak kapurung sendiri di rumah.. Hmmm maknyus, maasyaallah!

kapurung ala Sampookong by sister

Yang saya doyan dari masakan-masakan Sulawesi adalah bumbunya yang minimalis, namun rasa maksimal (mungkin karena terbiasa lidah sulawesi). Tanpa micin sudah gurih BANGET. Cuma direbus tanpa ulek bahkan tanpa blender. Cukup duo bawang-asam-tomat-garam. WOW BANGET nagihnya (nulis sambil ngiler).

Pantes saja (mungkin) saya agak kurusan sejak tinggal di Jawa. Lidah saya sepertinya kangen masakan rasa sulawesi. Mulai dari ikan laut segar yang cukup digoreng/bakar teflon dengan garam, merica, bawang merah sudah oke banget.

Oiya, untuk wong jowo yang nggak doyan sama ikan-ikanan tetap saya sarankan mencoba Kapurung. Rasanya bakal nyesel deh kalau seumur hidup nggak pernah merasakan kapurung.

Berikut bahan untuk memasak kapurung:

1. KUAH IKAN (campur semua bahan, tidak perlu terlalu lama merebus ikan karena cepat matang)

  • Ikan kembung 1 kilo, air secukupnya, bawang merah iris
  • Bawang putih iris, tomat iris, kunyit bubuk, garam

2. SAYUR : kangkung, bayam, jantung pisang (khas), jagung, kacang panjang. Sayur tadi disaring, lalu air rebusan (kuah sayur) digunakan untuk kuah kapurung bersama kuah ikan).

3. PELENGKAP (optional, campur kuah ikan) : udang rebus (diulek), ebi goreng, kacang goreng (haluskan), pattikala (iris tipis, rekomen untuk penambah asam kuah), cabe rawit, teri goreng, jeruk nipis

Sayuran pelengkap kapurung

3. SAGU : dicuci bersih (takaran kira-kira), disiram dengan air mendidih pelan-pelan sambil diaduk rata agar tidak bergerindil. Dibulat-bulatkan dengan sumpit. Lalu dicampur kuah tadi.

Rasanya pengen buat warung kapurung di Semarang kalau terbayang rasa dan lengkapnya bahan-bahan kapurung. Orang semarang ada yang vote saya buat warung kapurung gak? HAHA

Yuk yang belum pernah mencoba, bisa dicoba membuat makanan khas Sulawesi ini. InsyaALLAH sehat dan doyan

Syawal 1439 H

Sup Bakso Tahu

Bismillah. Ingin kembali produktif menulis lagi nih.

Kali ini mau berbagi resep masakan andalan saya tiap lebaran. Menu ini cocok banget buat menetralisir lidah jika menu lebaran di rumah dominan masakan bersantan. Nama masakannya Bakso Tahu, berbeda dengan Tahu Baxo nya Semarang lho.. kalau Bakso Tahu ini baksonya terbuat dari ikan dan disajikan dengan kuah berbahan dasar kaldu ayam.

penampakan bakso ikan

Semenjak berkeluarga ini menu andalan saya tiap lebaran. Makan bakso ini dicampur kuah kaldu ayam dan burasa (beras bersantan yang dibungkus daun pisang dan direbus hingga padat).

proses mulai dari fillet ikan-blender-campur bumbu halus

Bahan dan cara membuat makanan ini relatif mudah. Resepnya bisa dilihat di sini : Sup Tahu Bakso Ikan.Β 

Membuatnya pun cukup singkat, dalam 2-3 jam insyaAllah sudah siap dihidangkan. Tapi kalau saya selalu membuat stok bakso ikan terlebih dahulu lalu disimpan di freezer, untuk kuahnya dibuat di malam takbiran agar fresh dinikmati keesokan harinya.

Bakso tahu siap saji

Kemarin saya pakai Sagu Tani untuk bahan bakso ikan, tapi entah kenapa baksonya jadi sedikit keras dibanding biasa, mungkin kebanyakan ikannya.

Kalau ini penampakan burasa, teman hidangan Bakso Tahu. Kalau mau ngebayangin rasa burasa ini, sebelas dua belas sama arem-arem, tapi tanpa isian. Mengukusnya cukup beberapa jam jika menggunakan presto.

Burasa

Lebaran tahun ini ditemani ibu dan bapak, jadi ngga kerasa capeknya masak-masak lebaran πŸ˜€

Syawal 1439H

Menu Lebaran Dapur Cookink (2)

Bismillah..

Jadi anak rantau harus bisa masak makanan daerah. Secara lidahnya terbiasa dengan masakan sulawesi, jadilah tiap lebaran masak menu spesial ala celebes.

Kemarin sudah siap menu berat, sekarang siapin cemilan manis. Pilihan jatuh ke puding coklat fla.. Karena mendadak pengen makan puding ala ala resto, jadilah mengira-ngira resep puding. Bahannya pun seadanya isi kulkas.. MaasyaAllah ga nyangka rasanya enakkk banget. Catat di sini mumpung ingat resepnya.

Puding Coklat Fla

Bahan puding:

  • 600 cc air
  • 1 bungkus nutrijel coklat
  • -+ 3 sdm peres coklat bubuk
  • Susu kental manis secukupnya
  • Gula pasir secukupnya (saya pakai 2 sdm). Sesuaikan rasa manis sesuai selera

Bahan fla:

  • -+ 500 cc air
  • -+ 4 sdm penuh susu bubuk (kemarin pakai susu ensure vanila, soalnya intoleransi susu merk tertentuπŸ˜…)
  • 3 sdm coffemate (semakin banyak semakin enak)
  • -+ 1 sdm gula pasir, sesuai selera
  • -+ 2 sdm maizena (untuk pengental, sesuaikan kekentalan sesuai selera)

Tips membuat :

  • Seperti membuat puding biasa, saring puding sebelum didinginkan agar tampilan rata
  • Sajikan puding, fla beserta taburan cooktail (jika suka) untuk menambah aroma puding
  • Puding menggunakan nutrijel rasanya kenyal dibanding menggunakan agar biasa
MaasyaaAllah 😰
    Puding coklat + fla

    Jeng..jeng.. gak nyangka kulkas full persiapan idul fitri

    Malam takbiran mulai masak kaldu ayam untuk kuah bakso tahu. Alhamdulillah karena bahan sup bakso tahu cukup simple, masak tak perlu berlama-lama di dapur malam itu.. Oiya burasa yang dibuat kemarin basi 1/3 bagian (karena gak dimasukkan kulkas dan gak bertahan di luar kulkas lebih dari 24 jamπŸ˜₯). Alhamdulillah masih ada yang bisa dinikmati keesokan harinya πŸ˜†

    The day : Idul Fitri! Lebaran hanya berdua sama suami, tapi menu khas celebes sangat menghibur kami 😁

    Sup Bakso Tahu Ikan, masakan lebaran #andalangue
    Menu sarapan sebelum shalat ied, saking senangnya ngambil isian kebanyakan sampai kuah ga kelihatan πŸ˜…
    Shalat Ied di Mesjid Agung Jawa Tengah
    Menu idul fitri 1438 H. Eid mubarak!
    Cocktail yang kemarin, dicampur sedikit sirup mangga dan sprite. Enak πŸ‘

    Lebaran selesai, isi kulkas menipis, dilanjutkan masak-memasak part 2. Mulai masak coto makassar sekitar pukul 8 pagi.. Selesai pukul 10.00. Proses memasaknya ngga kerekam karena keburu lapar. Foto masakannya pun seadanya hihi. Ini difoto makan coto plus burasa, soalnya H+3 lebaran ketupatnya sudah kurang segar keluar masuk kulkas.. 

    Jadi anak rantau wajib bisa masak coto makasar 😧

    Alhamdulillahilladzi bini’matihi tatimushsholihat..

     Semarang 6 Syawal 1438 H

    Menu Lebaran Dapur Cookink (1)

    Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh..

    Taqabbalallahu minna waminkum.. Mohon maaf lahir dan batin untuk semua pembaca blog ini πŸ™

    Qadarullah baru sempat ngeblog lagi. Kali ini mau nulis menu masakan lebaran tahun di dapur kecil kami.

    Ahamdulillah beberapa hari sebelum hari H ada libur dan nyempatin diri porak-poranda di dapur hehe.. Pilihan menu tahun ini jatuh pada : bakso tahu (as always), coto makassar, puding coklat, cocktail, gulai ayam dan rendang.

    Jauh hari sebelum lebaran sudah siap dengan bumbu dasar. Tiba-tiba pengen buat rendang karena ada bahan lengkap. Resep rendang bisa di lihat di sini. 

    Rendang siap saji dengan nasi hangat

    H-3 lebaran mulai eksekusi bumbu coto, beli bahan bumbu coto sudah 1 minggu sebelum akhirnya dieksekusi. Selesai bikin bumbu coto, dimasukkan ke freezer biar awet.

    H-2 lebaran mulai pagi sampai sore ngepul asap di dapur.. Dimulai dari panen daun pisang beserta pisangnya. Lanjut panasin daun untuk burasa, ngelap daun, masak adonan burasa, bungkus buras, ikatin buras, bikin ketupat, bikin bakso tahu dan bakso ikannya, lalu masak gulai ayam πŸ˜‚

    Pisang kepok baru sempat dipanen, setelah bergelantungan matang di pohon -+2 minggu
    Beberes kebun, sampah seabreg

    Lanjut.. Selesai panen pisang dan ambil daun, langsung menuju dapur. Dimulai dengan membuat bakso tahu.

    Bahan dasar : ikan, bawang putih, bawang goreng, air, putih telur, tepung kanji (kemarin pake teping sagu), seledri, garam
    Adonan bakso ikan
    Proses ngebulatin bakso hehe
    Adonan bakso diselipkan di tahu, lalu dikukus hingga matang
    Alhamdulillah bakso ikannya jadi.. sayang saya pakai resep dengan tepung sagu, rasanya lebih enak kalau menggunakan tepung kanji (resep-resep sebelumnya)

    Bakso tahu sudah jadi, saya lanjut masak buras. Proses buat burasnya ngga usah ya, hehe.. Video di bawah adalah proses ngerebus burasa. Kemarin hanya ngerebus -+1,5 jam (non presto). Hasilnya buras lumer, enak siap makan. Cuma masih lembek dan basah, lalu yang gak masuk kulkas hanya bertahan 24 jam.. qadarullah basi 1/3 bagian. πŸ˜₯

    Di kampung jawa harus bisa buat burasa sendiri πŸ˜‚
    Burasnya lemu-lemu

    Dibarengi masak  buras, kompor satunya digunakan untuk masak ketupat. Alhamdulillah hari itu jadi ketupat dan burasa.

    Sudah jadi karbohidratnya, belum ada lauk yang jadi πŸ˜…. Ada ayam bingung mau dibuat apa, akhirnya memutuskan menu Gulai Ayam untuk menu sahur keesokan hari.

    Bumbu gulai setelah dibakar di atas teflon. Abaikan tirisan buras di belakang πŸ˜‚
    Bumbu halus gulai, tumis hingga harum
    Gulai Ayam + Ketupat πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    Untuk menu berbuka sore itu, buat cemilan segar cocktail (bahan campuran nata de coco, cocktail siap saji, buah kaleng). Masak h-2 lebaran berakhir hari itu. Keesokan hari sisa melengkapi menu yang kurang.. 

    Cocktail siap saji *ga mau ribet πŸ˜‚

    Lanjut part 2 ya di sheet sebelah. Di sini kepanjangan πŸ˜…

    Semarang, 4 Syawal 1438 H

    Pisang Ijo

    Bismillah.

    Bulan Ramadhan enaknya buat cemilan yang manis-manis. Alhamdulillah di rumah habis panen pisang kepok beberapa hari lalu dan pisangnya mendadak kuning semua.. Jadilah kepikiran ngerebus pisang-pisang tersebut. Karena kangen makan pisang ijo dan ada bahan lengkap, akhirnya eksekusi… Ini dia penampakan pisjo kemarin. Untuk resep bisa di googling saja, karena resep saya kemarin agak kurang berhasil (adonan hijau lembek jadi agak hancur gitu) hehehehe.. Tapi overall dari rasa lumayan lah -.-”

     

    adonan hijau : tepung terigu, tapioka, santan, air daun pandan, air daun suji, pewarna hijau sedikit
    setelah dimix dan disaring biar adonan rata
    dipanaskan dalam wadah anti lengket di atas komporhingga adonan melunak
    pisang siap dibalur hijau
    sesaat sebelum dibalur, abaikan permukaannya yang gak rata :”)
    sesaat setelah dikukus kurang lebih 15 menit
    siap disajikan dengan kuah santan
    siap disantap!

    Maaf ya postingannya hanya foto tanpa resep. Semoga ada bayangan cara membuat pisang ijo. Oh iya untuk pisang hijau ini pada umumnya menggunakan pisang raja yang sangat matang, tapi bisa juga menggunakan pisang lain sesuai selera. Asal kematangannya pas. Rasanya saangatttt nikmat (maasyaaAllah)… apalagi jika disajikan dengan sirup dan susu kental manis, dengan es πŸ˜€

    Selamat menyiapkan buka puasa!

     

    Semarang
    5 Ramadhan 1438H

    Sambel Goreng Kentang Simple

    Eksekusi sambel goreng kentang simple enak 😁..akhirnya masak & ngeblog lagiii 😄

    Bahan:

    • Daging has dalam (iris sesuai selera, ungkep bawah putih, serai, daun salam, garam, kecap)
    • Kentang (iris tipis memanjang, goreng kering)
    • Bawang merah iris
    • Bawang putih iris
    • Lombok besar blender
    • Garam
    • Gula merah
    • Air secukupnya

    Yummi 😋