Amandel – Air es

Amandel – Air es

image

Jika anda termasuk salah seorang yang sering minum es lalu mengeluh sakit amandel, maka tulisan di bawah perlu anda simak

Ternyata saat kita menelan air es, fagosit (penangkap kuman) yang berada di amandel (tonsilla palatina) mengalami penurunan aktifitas kerja (tidak sekatif sebelumnya, normalnya aktif pada suhu normal tubuh sekitar 36 derajat celsius)

Penurunan kualitas kerja fagosit ini salah satunya menyebabkan radang pada amandel

Jadi jangan minum air es berlebihan. Lebih baik mencegah daripada mengobati..

Save your tonsil 138

21 thoughts on “Amandel – Air es

    1. cara menghindari amandel? sma seperti menghindari penyakit laim, jaga daya tahan tubuh dengan makan makanan sehat dan berimbang, minum vitamin, dsb… semoga bermanfaat, makasi kunjungannya yaa🙂

  1. Mmmm, saya juga amandel, tapi waktu kecil dak beranika diambil jadi sampe sekarang masih amandelan deh… hehe, akhirnya, harus jarang minum ez (hikzhikz)

  2. @ Yuni.. Mungkin ko mrasa sangat kehilangan dgn diangkatx toNsilmu yah? Wkwkwk.. *tmbh salah arah mi eee..
    Jd makan bu2r miko sj kalo mw dpt berat idEal.. Asal jgn bu2r campur baksox Pak Amat.. Wkwkwk

  3. ki…diriku juga sudah operasi amandel, udah tahun 2006, pas lagi sibuk-sibuknya studio akhir di kampus..sejak smp Amandel saya sering meradang, dan pemicu utamanya itu setiap kali minum es manis…tapi waktu itu saya punya penawarya yaitu minum es batu yang mencair jangan yang manis…kalo dipikir2 aneh juga…setiap kali amandelnya meradang, saya tinggal minum air es yang sudah disimpan di freezer…kayanya bukan sembuh ya? tapi jadinya mati rasa : )
    akhirnya pas thn 2006 itu, pas sering2nya begadang bikin skripsi, kayaknya stmina lg droooopppp banget, jadilah itu radang tonsil terakhirku…setelah diptuskan untuk operasi.
    sejak saat itu…saya bebas makan eskrim kesukaanku…(ngefeknya flu )
    saya jadi tau t4 jualan bubur yang enak secara hbs operasi seminggu nggak boleh makan nasi kesukaanku
    berat badan turun ideal : ) (skarang mbondeng lagi)
    TAPI…kok jadi cengeng yah? (adakah penelitian lebih lanjut ttg efek opersi amandel dan emosi? kayaknya jadi sensitifffff banget)

    1. mungkin karena tonsilnya sudah diangkat, jadi gampang kena penyakit klo makan eskrim kak, soalnya di tonsil ada sistem imun juga…
      kalau hubungan tonsil sama emosi, saya belum pernah dengar kak yun *tapi nnti kalau dapat info lebih lanjut saya hubungi q…heheh

  4. enak juga ya punya adik manis nan ayu seorang dokter (cadok?).. dapet info/ konsultasi (ngarep) kesehatan gratis…. hehe… siippp, dicatettt….

    1. Hehe, tapi di sqr sepertinya jarang minum es ya bun, kan dingin di sana..airnya dah spt es dengan sendirinya…xixixi…

      Bunda blognya saya link yaa…

  5. kunjungan perdana. salam kenal. infonya bermanfaat. tapi saya tidak suka minum air yang terlalu dingin. es terlalu dingin karna itu tidak lagi menyejukkan, tapi malah gidik2 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s