Roti Kepang Pizza

Roti Kepang Pizza

Hari ini habisin stok terigu dan isian pizza kemarin, masih ada sedikit daging giling. Pengen makan roti asin. Akhirnya eksekusi roti kepang dengan toping pizza, sosis, keju.

Penampakan roti kepang

Enaknya buat roti sendiri itu bebas bereksperimen mau rasa apa, isi apa, adonannya seperti apa, dan bisa bikin dan makan banyak tanpa mikir seperti beli roti di minimarket😳

Berikut arsip saya mengepang roti (apaan tuh mengepang 😁)

1. Pipihkan roti di alas yang bersih dan keras, siapkan isian yang disukai
2. Iris tepian roti kanan dan kiri
3. Isi bagian tengah lalu tutup dengan kepang
4. Ulangi step 3 hingga ujung roti, lalu cubit agar ujung tidak lepas saat roti mengembang
5. Kembangkan, siap baking 💞

Foto kelima penampakan sebelum diberi topping pizza. Sebelumnya saya panggang setengah matang dulu agar roti tidak basah saat diberi toping. Sebelum baking oleskan dengan putih telur agar roti mengkilat. Beri sedikit tetesan mayonaise di toping agar rasa lebih gurih.

Selamat mencoba! 😋

#shofar1438h

Dangkot Ayam

Dangkot Ayam

Hari ini pengen makan yang pedesss. Kebetulan zauji lagi kurang sehat karena flu. Masakin sup sama yang pedes-pedes cucok nih. Punya ayam kampung di kulkas. Dan bahan rempah lumayan lengkap. Yukk kita eksekusi..

Resepnya seperti biasa ambil dari mba Hesti Kitchen 😍

Bahan :

  • Lengkuas dan serai diblender
  • Bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, cabe rawit, cabe kriting, minyak, diblender halus
  • Ayam kampung
  • Minyak, garam, gula, air secukupnya

Saking semangatnya tumis bumbu dangkot, nuang minyaknya kebanyakan. Di video kelihatan ya minyaknya kebanyakan, itu akhirnya saya buang sebagian.

Untuk mengeringkan dangkotnya pakai teflon agar keringnya pas dan nggak lengket.

    😱😱😱

    Hmm makan dangkot ini langsung kangen sama pedesnya ayam taliwang kaliurang. Nyammm 😝

    Selamat mencobaaa. Semangat masak!

    #shofar1438h

    Pizza Enak Simple

    Pizza Enak Simple

    Untuk kesekian kali ngarsipin pizza homemade. Rasanya wuiihh lezatt..maasyaAllah πŸ’œ

    Fotonya bagus πŸ•
    πŸ’œπŸ’™β€πŸ’›πŸ’š

    Saus Topping:

    • 1 bombay
    • 1 bawang putih
    • 2 tomat rebus (cacah kecil)
    • Oregano bubuk
    • 1 sdm saus tomat
    • 2 sdm saus lombok
    • Daging giling (tumis dengan bawang putih, pala, garam, merica halus)
    • Garam

    Topping:

    • Jamur
    • Sosis
    • Paprika
    • Bombay iris
    • Mayonaise
    • Mozarella

      Tips :

      1. Β Untuk toping, jangan dicampur semua. Pilih sesuai rasa yang diinginkan agar rasa khas. Misal daging saja, sosis dan jamur saja, dan seterusnya
      2. Lubangi adonan sebelum dipanggang
      3. Panggang roti terlebih dahulu (setengah matang). Lalu isi toping.
      4. Panggang toping sebentar saja, hingga mozarella meleleh, agar renyah paprika terasa

      Selamat mencobaa..

      #shofar1437H

      Rendang Ala Bude

      Rendang Ala Bude

      Hari ini pengen masak daging yang ngga itu-itu aja (disemur, dibistik, didendeng, dll). Pilihan jatuh ke rendang.

      Selama nikah baru sekali masak rendang sewaktu di jogja. Pakai resep kakak sulung, yang asli palembang.

      Yuk kita eksekusii:mrgreen:

      Bahan:

      • Daging 3/4 kg
      • Santan dari 1 butir kelapa
      • 3 buah serai
      • 3 daun salam
      • 3 daun jeruk
      • Lengkuas geprek
      • 1 gula merah bulat (sesuai selera)
      • Garam
      • Gula

      Bumbu (blender hingga halus) :

      • 2 genggam bawang putih
      • -+ 200 gr cabe besar
      • 2 ruas jahe (seukuran jempol)

      Cara memasak: campur semua bahan, masak hingga kering

      Rasanya seger, manis. Ngga pedes karena saya pakai cabe besar mix cabe keriting

      Selamat mencobaaa 👍

      #muharram1348H

      Pisang Ijo

      Pisang Ijo

      Yang belum pernah coba buat, hayuk dicoba. Jajanan asli makassar. Segar.. 

      Resep beragam, dari yang kulitnya dibuat langsung di atas panci, ada yg dikukus, ada yang simple pakai kulit dadar. Tapi yang paling simple sih menurut saya resep dari ibu. Kulit langsung dibuat di atas panci, diaduk-aduk atas panci. Tanpa pakai santan udah enak, pakai air aja sama daun suji/pandan, mentega, garam gula.

      Karena kemarin buatnya ketebalan, kulit pisjonya habis ngga cukup. Jadilah dimakan tanpa kulit.. Orang makassar biasa menyebutnya “palubutung”. Enaknya palubutung menggunakan pisang kepok 👍

      Ini namanya setengah palubutung, setengah PISANG IJO 😂
      Sebelum dihidangkan
      Adonan kulit pisang ijo
      Pisang raja kukus, gunakan pisang yang benar2 matang agar tidak sepat

      Resep silahkan di cari di internet. Dikira-kira saja resepnya 💙

      #muharram1438h

      Membuat Mpek-Mpek Kapal Selam dan Mpek-Mpek Kulit

      Membuat Mpek-Mpek Kapal Selam dan Mpek-Mpek Kulit

      Bismillah. Mau ngarsipkan foto mpek-mpek homemade lagi nih. Resep diambil dari resep saya terdahulu di sini. Kali ini sedikit modifikasi karena ikan tenggiri yang ada di kulkas ngga sampe 600 gram.

      Membuat mpek-mpek tak butuh durasi lama. Resep ini saya eksekusi ba’da magrib, selesai sekitar pukul 8 malam.

      Tenggiri diblender dengan bawang putih iris, sedikit air es
      Campur semua bahan
      Adonan mpek sebelum dibentuk

      Step membuat mpek:

      1. Siapkan semua alat dan bahan
      2. Buat kuah cuko (saran saya buat kuahnya beberapa jam sebelum dimakan agar bumbu kuat meresap)
      3. Fillet ikan lalu blender, pisahkan bagian kulit dan potong (gunting) kulit kecil-kecil
      4. Rebus telur setengah matang (jika mpek kapal selam)
      5. Campur semua bahan adonan mpek
      6. Buat mpek sesuai selera, alas dengan plastik dan sedikit minyak saat membentuk adonan. Pisahkan sedikit bagian untuk adonan kulit
      7. Adonan yang telah dibentuk langsung di rebus bersama air dan sedikit minyak agar tidak melengket.
      8. Tiriskan dan dinginkan mpek, siap digoreng dan disajikan dengan pelengkap : timun iris, mie, kuah cuko 😄
      Alhamdulillah..nikmatnya mpek2 homemade 👍
      Mpek2 kapal selam

      Alhamdulillah.. bisa buat mpek-mpek homemade lagi setelah sekian lama ngga buat. Alasan membuat sendiri: lebih enak karena terjamin kebersihannya, keasliannya, pastinya non MSG dan fresh from wajan hihi

      Foto mpek kulit belum ada arsipnya, insyaAllah dipostingan berikutnya yaa 😍

      Muharram1438H