Middle East Respiratory Syndrome (MERS) – Flu Arab

Middle East Respiratory Syndrome (MERS) – Flu Arab

image

MERS singkatan dari Middle East Respiratory Syndrome, suatu kumpulan gejala infeksi saluran nafas yang pertama kali dilaporkan di Arab tahun 2012. Infeksi disebabkan oleh virus corona (MERS-CoV), dengan gejala pernafasan meliputi batuk, sesak nafas dan demam tinggi.  Tidak jauh berbeda dengan infeksi pernfasan lain, namun pada MERS infeksi cenderung lebih berat, hingga menimbulkan kematian.

Pada pemeriksaan fisik penderita MERS didapatkan tanda pneumonia atau radang paru. Keadaan yang berat dimomtemukan pada pasien dengan kekebalan tubuh yang kurang, pasien usia tua dan pasien penderita penyakit kronik seperti kencing manis, kanker dan penyakit paru kronik. Infeksi dapat menimbulkan gagal nafas dan komplikasi pada organ vital lain. Sekitar 27% penderita MERS dilaporkan meninggal dunia.

Belum diketahui bagaimana penyebaran virus MERS-CoV pada manusia, diduga virus berasal dari binatang. Para peneliti mendapati antibodi virus MERS-CoV pada unta di daerah Timur Tengah, yang mengindikasikan bahwa unta tersebut pernah terinfeksi MERS-CoV. Jenis virus yang ditemukan pada unta identik dengan virus yang ditemukan pada manusia.  Hal ini menunjukkan bahwa virus yang sama bisa menginfeksi unta maupun manusia dan diduga bisa menyebar dari unta ke manusia.

Belum ada obat khusus untuk penyakit MERS. Terapi yang diberikan menyesuaikan kondisi pasien. Dapat diberikan terapi pendukung untuk meningkatkan kekebalan tubuh. 

Untuk mencegah tertularnya penyakit ini, sebaiknya menjaga stamina, menjaga kebersihan tubuh, menggunakan masker (terutama untuk anda yang berada di daerah timur tengah atau berniat umroh) dan tidak kontak erat dengan kerabat dengan gejala flu berat dan riwayat perjalanan dari daerah Timur Tengah.

Demikian sekilas tentang MERS. Semoga bermanfaat!

Sumber:
satu
dua

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s