Sakit Jantung

Sakit Jantung

Laki-laki, muda, “olahragawan”. Tiga kesamaan yang dimiliki public figure Indonesia yang meninggal muda mendadak akibat serangan jantung.

heart-attacks_0

Semua laki-laki? Ya, menurut ilmu yang pernah saya dapat, risiko serangan jantung lebih besar pada laki-laki dibanding perempuan (yang belum menopause). Sedangkan setelah menopause, risiko laki-laki dan perempuan hampir sama. Mengapa demikian? Karena pada perempuan pre-menopause, masih banyak hormon estrogen yang bersifat “proteksi” terhadap pembuluh darah jantung. Mungkin bisa diibaratkan sebagai “soda api” yang memperlancar saluran pembuangan yang mampet. Hormon estrogen bekerja pada sel imun (makrofag) yang berperan mencegah tersumbatnya pembuluh darah oleh lemak.

Muda. Gaya hidup tidak sehat mungkin salah satu penyebab pergeseran usia meninggal muda akibat sakit jantung. Tidak sehat? Olahraga kan sehat. Ya, olahraga sehat.. Tapi bagaimana pola makan dan kebiasaan lain seperti merokok, makan lemak berlebih, kurang serat dan sebagainya? Perlu dicatat, semboyan “4 sehat 5 sempurna” sudah berubah menjadi “gizi berimbang”. Makanan sehat dan “sempurna” masih tetap harus, tapi seimbangkan jumlah, artinya tidak belebih. Ingat hadist “berhenti sebelum kenyang“, kalau sudah kenyang boleh tetap makan selama kita tahu yang kita makan tidak menimbulkan bahaya. Berubahnya gaya hidup modern, membuat mati tak mengenal usia. Tampak sehat-mati muda karena sakit, bisa!

Olahraga. Olahraga memang baik untuk kesehatan jantung, karena membuat pembuluh darah di jantung semakin “banyak”. Artinya, kalau salah satu pembuluh darah tertutup karena “tumpukan lemak”, masih ada cabang lain yang menyuplai otot jantung agar jantung berdetak. Nah, kalau pola makan sudah sehat, sempurnakan dengan olahraga. Percuma rajin olahraga tapi kebiasaan buruk (merokok, makan lemak berlebih dan lain-lain) tidak ditinggalkan.

Sayang jantungmu, hidup sehat tiap hari!

Download artikel POLA HIDUP SEHAT. Sumber gambar. Sumber video.

2 thoughts on “Sakit Jantung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s