Sambel Goreng Kentang

Sambel Goreng Kentang

Sambel goreng kentang ala Ny. Adiyono.. Hmm, enak! Luv u, mom! :9

sgt

Bahan 1:

  • 1/4 kg daging has, potong dadu/memanjang kecil
  • 2 buah bawang putih, ulek
  • 1/2 sdt merica, ulek
  • 2 buah daun salam
  • 1 buah asam
  • 1/2 sdt gula merah, ulek
  • garam, secukupnya
  • 1/4 gelas minyak goreng + 75 cc air
  • 3 buah kentang, potong dadu
  • kecap, secukupnya

Bahan 2: (haluskan)

  • 3 buah lombok besar
  • 2 buah cabe rawit (sesuai selera)
  • 3 buah bawang merah
  • 1 buah bawang putih
  • 1/2 sdt terasi
  • garam, secukupnya

Cara:

  1. Tumis bahan 1  yang telah dihaluskan (kecuali kentang dan kecap) hingga daging masak setengah matang, masukkan kentang. Setelah kentang masak & air sat, masukkan kecap. Matikan kompor.
  2. Tumis bahan 2 dengan minyak tirisan bahan 1 hingga harum. Masukkan bahan 1 ke bahan 2. Bila kentang belum masak, lanjutkan menumis.
  3. Siap disajikan🙂

5 thoughts on “Sambel Goreng Kentang

  1. asik asiik, ntr pas liburan nyoba bikin ah…selama ini nyoba bikin tapi kyny selalu masih ada yg kurang gitu.. kurang gereget lah,,*halah
    n susahnya, karena di sini aku ga punya ulekan, hiks… paling2 minjem food processornya temen. ternyata ulekan itu benda berharga ;p

    1. Hehe..iya patut dicoba ty, resep turunan ibu nih..klo berhasil pas banget,,,susah2 gampang buatnya, ane jg kadang ga berhasil, wkwk.. Ulekan? mau di kirimin dari Indo ty? hihihi kalo maem sambel goreng kentang pasti ingat tya+kompre!:D

      1. kiiii, udah kucoba,,,hasilny,lumayan jd lebih enak drpd sebelum2nya, hihihi… (*ge-er,pdhl krn resep ibumu yak, wkwkwk)
        tapi bumbunya ga trll alus gara2 ngulek pake sendok. terus aku ga pake asam jawa,, seadanya gitu, dagingny juga ta ganti sosis halal yg beli di supermarket…. XD…
        ntr kpn2 coba lagi..ayo kink, ada resep sambel teri kacang ngga? hihihi

      2. asikk asik resep ibu nyampe poitier, wkwk.. wah keren banget ty ngulek pake sendok..niat bgt hihihi
        sambel teri liat di sini ti.. atau cari inspirasi masak dari situ atau di sini.. resep2nya recomended.. dijamin enakk..kalau resepku masih level 1, IRT baru, hekhek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s