Sariawan

Sariawan

Nama latinnya cukup keren, Recurrent Stomatitis Aphthous aka sariawan. Wuih penyakit yang satu ini kalau sudah kena serangan rasanya 11-12 sama sakit gigi. Bikin gak bisa senyum, nafsu makan berkurang, bibir kering karena kekurangan cairan dll.

Apa sih penyebabnya?

Penyebab sariawan tidak diketahui. Pada beberapa orang dipicu kekurangan nutrisi, trauma lokal (tergigit, dll), pengaruh hormonal, stress, alergi dan genetik. Sariawan merupakan penyakit yang bisa sembuh sendiri, tapi bisa juga terus-menerus.

Jenis Sariawan

Sariawan ada tiga jenis: sariawan kecil (kurang dari 1 cm), sariawan besar (lebih dari satu cm), dan sariawan herpetiform (ukuran biasanya kurang dari 1 mm, jumlah banyak dan menyebar di seluruh mukosa mulut). Ada juga beberapa penyakit sistemik yang dihubungkan dengan sariawan seperti penyakit Lupus, Sindrome Behçet, dsb.

Bagaimana cara mengobatinya?

Mengobati sariwan dengan cara mengurangi gejala, memperpendek waktu penyembuhan dan mencegah terjadinya sariawan berikutnya. Terapinya bisa dengan pemberian obat anti inflamasi (contoh kortikosteroid), agen perangsang imun (imunomidulator) dan vitamin. Bentuknya bisa berupa salep, gel, cream, obat kumur, obat tetes atau obat minum.

srwn
contoh obat yang bisa digunakan

Harus ingat, menjaga kebersihan mulut penting untuk mencegah sariawan. Semoga infonya bermanfaat dan cepat sembuh! Aamiin..

Sumber: Medscape, Wikipedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s