Hand Foot And Mouth Disease (HFMD)

Hand Foot And Mouth Disease (HFMD)

Hand Foot And Mouth Disease (HFMD).  Dari namanya mungkin sudah jelas di mana predileksi penyakit ini; tangan, kaki dan mulut (PTKM). Penyakit yang disebabkan infeksi virus ini beberapa hari belakangan sedang naik daun. PTKM biasanya menyerang bayi dan balita, tapi bisa juga mengenai orang dewasa. Penyebab paling umum adalah infeksi  Coxsackievirus A16, virus ini merupakan golongan Enterovirus.

PTKM diawali dengan demam, tidak nafsu makan, lemas dan nyeri pada tenggorok. Satu atau dua hari setelah demam, biasanya timbul luka dalam mulut (Herpangina) dan ruam pada kulit. Ruam berupa bintik kemerahan  biasanya terdapat pada telapak tangan dan kaki, berbentuk datar atau kadang sedikit menonjol dari permukaan kulit dan kadang melepuh. Selain di telapak tangan dan kaki, ruam juga bisa terdapat di siku, lutut, bokong atau daerah genital. Tidak semua gelaja pada penderita ada, bisa hanya ruam kulit atau luka dalam mulut saja.

PTKM menyebar melalui kontak dengan sekret hidung dan tenggorokan (seperti air liur, dahak atau ingus) dan cairan dalam lepuhan atau tinja penderita. Penyakit ini paling menular selama seminggu pertama penderita terinfeksi. Setelah gejala hilang virus masih bisa berada di tubuh, karena itu masih bisa menginfeksi orang di sekitarnya.

PTKM jarang menimbulkan komplikasi, tapi beberapa komplikasi yang dapat terjadi antara lain meningitis, enchepalitis dan kuku lepas.

Tidak ada vaksin untuk mencegah timbulnya penyakit ini, untuk mencegahnya  cukup dengan menjaga kebersihan seperti mencuci tangan dengan air dan sabun serta menghindari kontak dengan sekret dari penderita.

Bila gejala ringan, tidak ada pengobatan khusus untuk penyakit ini, hanya perlu pengobatan untuk mengurangi gejala. Usahakan minum banyak walau tenggorokan terasa nyeri dan makan makanan sehat seperti buah-buahan dan sayur. Silahkan menghubungi dokter bila anda sakit dan semoga lekas sembuh🙂

Sumber: CDC – Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD)

2 thoughts on “Hand Foot And Mouth Disease (HFMD)

    1. xixixi tenang aja sist, udah buleQ korek2 kulit yg mengering..jadi lebih baik tampilanny :p..nda sebayangkan waktu cha sakit @.@

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s