Banana Bread

Banana Bread

Ini resep “turunan” dari Mbak Hesti, resep rotinya saya ambil di sini, tapi bentuk dan isinya saya ambil di sini. Kali ini saya buat untuk 9 roti; 2 coffee bun, 3 roti pisang cokelat, 4 roti pisang keju.

Bahan:

  • 120 tepung protein tinggi*
  • 80 tepung protein sedang*
  • 40 gr gula pasir
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1 sdm susu bubuk
  • 1 sdm ragi
  • 1 kuning telur, sisakan sedikit kuningnya untuk olesan sebelum roti dipanggang
  • 105 cc air hangat
  • 25 mg margarin
Isi:
  • pisang raja
  • mises
  • keju

Cara:

  1. Campur 50 cc air hangat dengan ragi, diamkan 15 menit
  2. Campur semua bahan kering (tepung, gula, garam, susu bubuk), lalu masukkan ragi yang sudah dicampur hangat dan sisa air (55 cc) serta telur. Uleni hingga tercampur
  3. Masukkan mentega, uleni hingga kalis. Diamkan dengan tutup kain basah dan tempat yang hangat sampai 2x mengembang (sekitar 30 menit)
  4. Setelah mengembang, kempeskan dan bagi adonan (ukuran sesuai keinginan)
  5. Isi dengan pisang+keju dan pisang+cokelat (sesuai selera) dan atur dalam loyang yang telah diolesi margarin. Kembangkan lagi sampai mengembang (sekitar 30 menit). Setelah mengembang (sebelum dipanggang), olesi atasnya dengan kuning telur dan taburan cokelat atau mises (sesuai selera)
  6. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan kurang lebih 3 menit, sampai roti terlihat menguning (kurang lebih 15 menit). Olesi margarin di atasnya

Catatan:

  • Tepung terigu protein tinggi saya pakai C*kra, kalau yang sedang saya pakai Se*itiga Bir*. Katanya sih campuran kedua tepung ini bisa buat roti “berserat”
  • Air untuk ragi jangan kepanasan, nanti raginya malah mati dan roti gak ngembang
  • Takaran air 100 ml saya rasa belum meng-kalis-kan roti, jadi saya tambah kurang lebih 5 cc (1 sendok makan), kalau adonan masih agak keras bisa tambah air secukupnya
  • Untuk olesan sebelum roti dipanggang, bisa memakai kuning atau putih telur (foto di atas saya pakai putih telur)
  • Jangan terpaku dengan resep di atas, usahakan pakai ragi baru (jangan yang sudah lama terbuka), adonan harus kalis (pasti yang sering buat roti ngerti ^^).
  • Resep saya ini pakai cara manual alias tanpa mixer

Selamat berkreasi! Kalau sudah jadi lapor ke sini yaa 

Leave a Reply

