Dek Ko :)

Dek Ko :)

“Selamat siang, Pak.. Kami dokter kompre dari FK Undip”
“Dokter kompre itu apa?”
“Oo.. Eng.. Dokter kompre itu koas semester akhir yang sedang magang menunggu wisuda, Pak.”
“Ooooh, dokter kompre sama dengan dokter internship?”
“Bukan Pak, dokter kompre hanya 2 bulan, kalau internship 1 tahun. Memang selalu seperti ini tiap tahun, kalau angkatan kami belum dapat program internship.”
“Hmm..”
“Kami mau mengadakan survey untuk kepentingan akreditasi RS. Boleh tahu nama Bapak siapa?”
“Dokter XXY” –> nama samaran
-Ups.. ternyata beliau dokter. “Boleh tahu status di sini apa, Pak?”
“Dokter Spesialis Patologi Klinik”
-Huaa.. ternyata supervisor dan kami terlanjur memanggil beliau “Pak” dari awal percakapan o_O

Begitu sepenggal cerita saat kompre. Bagi sebagian “awam” mungkin biasa saja, tapi bagi saya kejadian itu cukup membuat tersipu. Karena kebiasaan di dunia medik “kami” selalu memanggil Dokter Spesialis dengan istilah “Dok” dan Residen dengan istilah “Pak”. Lalu bagaimana dengan Dokter Muda alias Koas?

Koas di tempat saya adalah mereka yang menggunakan jas panjang berlengan pendek. Kalau denre (residen) jas pendek lengan pendek dan supervisor (dokter spesialis) dengan jas pendek lengan panjang. Semoga pembaca gak bingung, karena jas-jas itulah yang digunakan biar tahu si A kasta apa, si B siapa dan si C panggilannya apa.

Sebenarnya koas tuh ngapain saja?

Kalau koas di tempat saya sih dibagi-bagi jadi 33 kelompok (tergantung jumlah koas). Masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 koas yang beredar di 15 bagian. Ada 10 bagian kecil dan 5 bagian besar. Bagian kecil dijalani selama 4 minggu, sedang bagian besar 8 minggu, jadi total menjalani koas selama 80 minggu. Selama itu, sudah terjadwal dari awal sampai akhir, koas A tanggal X-Y stase apa dan bareng siapa. Kalau masalah tempat, sudah jelas di Rumah Sakit Dokter Kariadi tercinta. Kecuali stase luar seperti Ilmu Kesehatan Masyarakat (Magelang+Jepara), Ilmu Kesehatan Jiwa (di RSUD Aminogondohutomo Semarang) dan Partus Luar Obsgin (Puskesmas Ngesrep/Puskesmas Halmahera+RSUD Tugu).

sebagian catatan selama koas. insyaAllah kelak bermanfaat ^^

Oh iya 8 minggu sebelum dan sesudah masa koas, ada yang dinamakan Komuda alias Koas Muda (sebelum) dan setelah disebut Kepaniteraan Komprehensif (Kompre). Kalau komodo eh komuda :p, muter-muter keliling beberapa bagian. Jaman saya ada bagian yang dijalani seminggu, ada yang 2 minggu, bahkan ada yang cuma 3 hari. Kerjaannya yah orientasi sebelum menjadi koas tua. Hehe..

Kalau kompre tergantung selesai masa koas kapan terus rejeki kompre di kota mana, bisa di Jepara-Pemalang-Slawi-Demak-Jepara lagi-Slawi lagi. Hehehe.. Semua tergantung takdir. Kalau saya sih ditakdirkan mengobati pasien di Kota Slawi kloter 2 🙂

Nah, berbeda dengan koas tempat lain. Ada yang stase A di kota X, B di kota Y dan selanjutnya, hidupnya nomaden tidak menetap di beberapa kota. Ada yang 1 stase 4 minggu+1 minggu untuk pindah-pindah kota, ada yang cuma 14 stase, ada yang total masa kuliah+koas cuma 5 tahun tanpa internship, ada yang 5 tahun dengan internship dan lain sebagainya. Di tempat saya, untuk mendapat gelar dokter harus kuliah selama 6 tahun (itu kalau lancar).

Wah kalau mau diceritakan tentang koas bakalan puanjaaaaaang.. Melelahkan tapi cukup ngangenin juga sih! Alhamdulillah 26 September 2011 angkatan kami (2005) sudah judisium. Bye Dek Ko..! 😀

Buat generasi baru koas undip.. selamat menikmati koas, cari ilmu sebanyak-banyaknya (banyak anamnesis dan pf kasus baru yang ditemukan, jangan lupa buat resume *koas ambisius nih). Cari pengalaman sebanyak mungkin. Yuk semangat!

*Dek Ko= Adek Koas (panggilan sayang untuk dokter muda) ^^

Advertisements

3 thoughts on “Dek Ko :)

  1. selamat ya dok..
    selamat buat wisudanya..
    mengingatkan kisah yang sama.. supervisor di panggil pak.. *serasa dunia mau runtuh, dan bertanya-tanya, aku aman gak yah di bagian ini.. hahaha.. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s