Roser’s Plasty

Roser’s Plasty

Denger judulnya pasti banyak yang belum tahu apa itu Roser’s Plasty. Roser’s Plasty adalah suatu teknik yang dilakukan dengan membuang tepi kuku, lalu melakukan penjahitan dengan teknik tertentu. Tindakan ini biasa dilakukan untuk memperbaiki kuku yang terganggu pertumbuhannya (ingrowing toe nail) akibat apapun itu; infeksi kuman, trauma dan lain sebagainya.

Roser's Plasty

Prinsip Roser’s Plasty:

  • Irisan sampai pangkal kuku dan pangkal kuku harus ikut terbuang
  • Menautkan luka kulit ke jaringan di bawah kuku (bukan ke kuku)
  • Dengan matras horizontal modifikasi (bukan vertikal)

Ayo ini kompetensi dokter umum lho *tapi di buku konsil kedokteran kok belum nemu ya berapa area kompetensinya😀

*sumber: Poli Tindakan Bedah RSDK

8 thoughts on “Roser’s Plasty

  1. Assalamu’alaikum..
    Saya mau berbagi pengalaman saya hari ini…
    Saya baru saja menjadi pasien roser plasty..
    Saaaakiiiitttnya setelah dioperasi itu berjuta rasanya..
    Apalagi saya ini melakukan roser plasty di kedua sisi kuku jempol saya dan juga dilakukan di jempol kiri dan kanan…
    *wuidiiihhh…
    Pada saat dilakukan tindakan sih memang tidak merasakan apa2,, soalnya dibius sampai ketika dijahit pun saya tenang saja sambil bermain media sosial via ponsel..
    Operasi berjalan lancar selama 1 jam,, ga berasa apa2 selain pas disuntik bius awalnya sedikit ngilu..

    Tapi bu dokter..
    Setelah operasi selesai dan obat biusnya mulai hilang efeknya, rasa cenat-cenut mulai berasa…
    Sakitnya itu susah banget diungkapkan dengan sebuah kalimat..

    Pokoknya ini harus jadi yang pertama dan terakhir…

    1. Wah, kalau saya dokternya, pasti kuberi analgetik yang kuat, misalnya Pronalges supp atau Ultracet selama 5 hari, jadi ga sakit..🙂

  2. Ternyata ini blognya mbak kiki to? Roser’s Plasty, pernah liat gambarnya di laci UGD, tp blum pernah laku in. di Poli tindakan ada gak ya? pengen liat…

    1. iya ini blogku dek, makasi sudah mampir..hehe..
      ada di poli tindakan lantai 3, sama saya juga belum pernah melakukan, cuma asistenin doang😦..kapan2 insyaAllah😀

Leave a Reply

