FESS+TE*, Sakit itu Mahal

FESS+TE*, Sakit itu Mahal

10 Mei 2007, tepat pukul 6 pagi seorang perawat datang sumringah mengantarkan selembar pakaian tipis yang harus saya kenakan. Pakaian operasi! Perawat tersebut mengatakan kalau setengah jam kemudian anestesi akan segera disuntikkan! Huuff, perasaan gundah mulai merasuki, ya maklumlah it was first time… (jangan pernah ada lagi operasi kedua dan seterusnya… =>). Tiga suntikan berisi obat-obatan siap mengisi pembuluh darah yang sebelumnya telah diterobos jarum infus. Sekitar 10 menit sebelumnya di tangan kanan disuntik intrakutan buat tes alergi obat atau tidak! Hiks, sakiiit…

Entah pukul berapa, operasi FESS+TE dijalankan. Tak ada yang saya rasakan saat operasi berlangsung. Ya iyalah! Kan dibius… yang saya rasa di ruang pemulihan hanya ketika orang-orang dengan pakaian bedah lengkap dengan masker dan sarung tangan berkata, ”1,2,3 ya angkat!”, lalu selanjutnya saya dibawa ke ruang inap. Sekitar 3 jam kemudian dengan mata sayup-sayup, saya terbangun dalam keadaan berbeda wujud. Hahaha… Begini lah kurang lebih tampang saya hari ketiga post operasi, ancur tenan… =).

sakit membuatku kehilangan banyak hal...hik!
sakit membuatku kehilangan banyak hal...hik!

*Functional Endoscopy Sinus Surgery (FESS), Tonsilectomy (TE)

Advertisements

42 thoughts on “FESS+TE*, Sakit itu Mahal

  1. ijin tanya dong sis, kamu op sinusnya fess sama cwl kah ? itu sinus maksila kanan ato kiri ato dua2nya kah ? aku direncanain op sinus, jujur takut bgt apalagi cwl yg katanya radikal

  2. hehe. dr riece juga dokter saya, saya pasiennya udah hampir 2 tahun ini, sinus+polip berulang…enak memang ditangani dokter riece,,,sekarang mbak udah praktek dimana? nitip salam ngga buat dokter riece, ntar hari kamis 11 september saya ketemu dr riece, kalo saya ngga online hubungi saya aja mbak, nti saya sampaikan… no saya 0896 0518 4047

  3. senang punya pasien seperti ya2t…hehhhe *nih kayak dialog interaktif yaa, semoga ndak jadi pasien beneran = sakit πŸ˜€

    you are welcome πŸ™‚

  4. ok… makasih2 atas jawabannya….
    jangan bosan2 tuk menjawab ya, kalo emang tau jawabannya…. hehe…. itung2 latihan menghadapi pasien yang cerewet kayak sy…. xixixixi….. πŸ˜€

  5. Rhinosinusitis tuh nama lain (singkatan) dr rhinitis n sinusitis. Karena sinusitis hampir selalu bersamaan dg rhinitis. Jd ada radang di sinus n hidung.

  6. @ Q n mb yhan
    oh… geto toh… wah, makasih atas penjelasannya… sy jd tambah ilmu nih, padahal sy dulu pngen jd dokter tp ga kesampaian…. haha….

    oohh… akibat dari rhinitis allergi bisa memicu sinusitis, trus bedanya dengan rhinosinusitis apa ya???….

  7. Tambah2 penjelasanx kink sedikit. Rhinitis (awamx pilek, meler2) apapun penyebabnya, kalau selalu berulang dan sampai mengganggu aliran normal pengeluaran sekret dari sinus (alias nyumbat2 muara sinus atw osteomeatal complex), bisa menjadi pemicu sinusitis. Paling sering sih karna rh.alergi yg gjalax bersin2 n meler pagi hari gt.

  8. Hwuaaaaa…Yat, jangan sebut saya “Dok” sebelum waktunya..hehehe… saya masih seorang pelajar yang butuh banyak belajar πŸ™‚

    Sinusitis ma tonsilitis tidak saling berhubungan yat, tapi bisa saja saling berhubungan *tergantung penyebab sinusistis atau tonsilitisnya apa. misalnya, karena imunitas si penderita kurang—terjadi tonsilitis—kuman menyebar dari tonsil (amandel) ke sinus… —terjadi sinusitis :).
    whuaa tapi saya belum berani menjawab *maklum lah sumber bacaan baru dikit. heheh…

    Keluhan teman ya2t juga sering saya dengar dari teman2 yang menanyakan hal demikian, alergi dingin— sinusitis? Dan seingat waktu kuliah, istilah alergi dingin itu tidak ada, yang ada rhinitis vasomotor (RV). Nah, RV ini gejalanya memang mirip sama sinusitis (rasa nyeri pada sinus, bersin2, hidung gatal, hidung tersumbat dsb.). jadi mungkin untuk menentukan sinusitis atau RV, perlu konsultasi ke dokter buat pemeriksaan lebih lanjut πŸ™‚

    Terima kasih juga atas pertanyaan ya2t yang membantu saya membuka catatan kembali πŸ˜€

  9. nanya ka lagi… (*mumpung bu dok nya belum narik bayaran…xixixi)
    apa sinusitis ama tonsilitis (amandel) itu selalu berhubungan??

    satu lagi, ada temanku alergi sama cuaca dingin, kalo subuh2 ato hujan deras malam, pasti dia bersin2 terus… katanya sudah bertahun2…. apa mungkin gejala sinusitis???
    makasih…


  10. @ya2t:
    iya yat, penyebabnya krn ada faktor pencetus (spt yang ya2t sebutkan di atas, tp kalo krn minum es sepertinya tidak deh yat..). Bisa juga krn alergi atau kelainan anatomis dari hidung πŸ™‚

    @mb yhan:
    salam..hiks2..kangen ma dr. Rie..hwuaa..

  11. q, sebenarnya penyebab utama dari sinusitis tu apa??? apa cuma karna gangguan imunitas, bakteri, atau karna sering minum es (kayak amandel aja… hehe) ….

  12. Amien.. Tambahan doa, buat semua umat berikanlah kesehatan, kekuatan n ketabahan :). Hwuaaa manis? Alhamdulillah, amien.. Tp kyke g ada yg sependapat ma mb yut. Hohoho :p

  13. Ck ck ck.. Muka ba2k belur hbs operasi aj lu msh maniz kok Kink! *ada yg sependapat dgn saia? Ho5x.. *Praying mode ON ‘BERIKANLAH KESEHATAN DAN KEKUATAN KPD ADIK2KU & KLUARGAKU SELALU YAA ALLAH.. Amien..’

  14. Kasianna si busSu..eh bungsu.. Af1 wkt pembagian penyakit,g mauka’ambil byk2 dulu..bagi bwt ade2ku..tp gtU jg dgn otak..sdktji jg se ambil..bwt ade2ku sj jg..jd bgnimi hslnya..apalagi wkt pembagian otak u/math..aii..nda ku ambil memangi jatahku..;P

    1. Ah mbakyu bisa ajah, saia jadi malu berarti paling genius. Hahaha.. *langsung pingsan bc komen sendiri*
      Tapi sakitx itu lho, ndak momo lagi! *menderita*

  15. waduh mb elin, mati aku nanti dteror sama mbakdi.. Mb yan g kuyus kok, langsing, stabil, saya ajah yg emg bongsor..hwakakak *lariii

  16. mang kamu lebih gemuk dari dian ta??
    sejauh apa kegemukanmu???
    hehehe

    jaga-jagalah kesehatanmu dhek, masa seorang tenaga kesehatan sakit-sakitan.

    apa kata dunia??

    1. iya mbak Lin, beratku 44-45, mbak yan tuh **-an, hahahah…
      oke mbak, doain saya ya biar gak sakit2an, abis dari kecil udah langganan sakit mbak, imunitasku jelek kayaknya ^^
      makassi mbak elin dah care ma sayah, hahaha πŸ˜‰

  17. Umur panjang? So what kLo sakit2an? Ngapain coba? Naudzubillah d. Nie plajaran bwt kita semua..ky lagunya veti vera”yang sedang2 sajaa..”mgkn lbh baek.Tul g?

  18. Org kadang g sadar(gila dunk)..untUk sehat (kadang)mahal..tp lebih mahal lg kLo g sehat..Tul kan? Org kota kadang pny pndpt salah..Gmuk katanya sehat..padahal..(akhirnya sy br tau)kLo gmuk sumber penyakit.. Bdan keliatan gd,tp fisik down..rentan penyakit.

    1. iya orang gemuk emang rentan penyakit sist, tapi orang gemuk itu awet muda, karena cadangan lemaknya banyak, hasilin estrogen lebih banyak, hehehe *kalau ndak salah ding…nanti saya belajar ttg obesitas lagi deh ^^*

      makassi komenya sistaaaaaaaaaah

  19. sakit sinusitis+tonsilitis (amandel) bro.. iya bener, sinus itu ruangan dlm kepala (ada di pipi, dahi, blkg idung, etc). klo sinusitis d rongga pipi yg berat, operasinya lewat bawah bibir atas.. Klo ringan, diirigasi lewat idung.. Tp krn kmrn operasinya berat di pipi + sinusitis dahi n blkg idung, so penyakitnya dibuang lewat idung n bwah bibir.. Hehe,,nasip deh..

  20. sakit apa sih ki’ sebenarnya. sinus tuh berhubungan dengan idung ya? istilahmu medical dan ilmiah sangat?

    sepakat. sakit itu mahal

  21. Jaman sebelum operasi was a sick day! Huff.. Alhamdulillah skg bs maem es sepuasnya, gak nausea vomiting lagi.. Pikiran juga lebih baik.. Tapi hati kok msh belum jernih ya? *Hehehe..*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s